10 March 2016

by Glenn Kaonang

Google Luncurkan Fitur Baru untuk Memudahkan Perencanaan Wisata dari Hasil Pencarian

Bisa diakses langsung dari Android atau aplikasi Google Search di iOS

Travelling merupakan salah satu topik pencarian yang sangat populer di Google. Jumlah pencarian seputar tiket penerbangan, hotel maupun lokasi-lokasi wisata yang menarik terus meningkat setiap tahunnya berdasarkan pengakuan Google, dan tren tersebut juga terjadi di kalangan pengguna perangkat mobile.

Melihat ketertarikan pengguna semacam ini, Google pun meluncurkan fitur baru untuk memudahkan para pengguna dalam merencanakan rekreasinya di musim liburan ke depan. Bertajuk Destinations on Google, fitur ini sederhananya akan membantu Anda mencari lokasi wisata sekaligus membuat kalkulasi budget yang harus disiapkan.

Cara kerjanya sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan kata "destination" atau "vacation" dalam kata kunci pencarian, misalnya "europe destination" atau "bali vacation". Selanjutnya, Google akan menampilkan koleksi tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berkat integrasi Google Flights dan Hotel Finder, pengguna juga bisa langsung melihat harga tiket penerbangan dan kamar hotel yang tersedia.

Pengguna juga bebas melakukan kustomisasi lebih lanjut berdasarkan tipe aktivitas yang ingin dilakukan atau berdasarkan waktu keberangkatan. Opsi "Flexible Dates" akan menyortir hasil pencarian berdasarkan rentang waktu yang dipilih sehingga pengguna dapat melihat kisaran harga terendah pada saat itu, lalu menentukan jadwal pastinya.

Opsi "Explore" akan menampilkan ramalan cuaca sekaligus kapan lokasi tujuan Anda tersebut paling ramai dikunjungi turis sehingga Anda bisa merencanakan waktu berwisata secara lebih efisien lagi. Saat semuanya sudah fixed, klik tombol "Plan a trip" untuk melihat total budget yang diperlukan. Dari sini pengguna juga bisa melihat perubahan budget secara real-time kalau ingin mengganti waktu keberangkatannya.

Fitur ini sudah bisa dinikmati di Android maupun aplikasi Google Search di iOS. Anda memang bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap lewat aplikasi travelling lain, namun paling tidak Anda sekarang bisa langsung merencanakan tujuan wisata saat tengah iseng mencari-cari di Google.

Sumber: Google Blog.