Categories

Berita

Google Luncurkan Google Instant

Wiku Baskoro - 9 September 2010

Tadi malam, atau lebih tepatnya tengah malam waktu Indonesia, Google menggelar event yang menjelaskan tentang perkembangan terbaru dari mesin pencari mereka. Google meluncurkan apa yang dinamakan Google Instant.

Google Instant dikatakan Google sebagai sebuah layanan yang memberikan hasil pencarian 'search-before-you-type', dengan penekanan pada kata 'before', layanan ini akan memberikan hasil pencarian ketika Anda mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian, memprediksikan hasil pencarian dan akan langsung memunculkannya pada stream pada area hasil pencarian, ini akan memberikan hasil pencarian yang lebih pintar dan lebih cepat secara interaktif.

Berikut beberapa fitur inti dari Google Instant, hasil pencarian yang dinamis, yang akan menampilkan hasil pencarian yang relevan tepat ketika Anda melakukan pengetikkan kata kunci. Lalu prediksi, Google Instant akan memprediksikan kata kunci yang mungkin Anda pilih (dalam teks abu-abu) sebelum Anda selesai mengetikkan kata kunci, dan terakhir Anda bisa melakukan scrool ke bawah dan pilih prediksi hasil pencarian yang dilakukan Google, hasil pencarian juga akan berubah seiring Anda melakukan scroll ke bawah.

Google menjelaskan bahwa Google Instant punya tujuan utama yaitu penghematan waktu, Google juga telah melakukan test pada pengguna Google Search dan mendapatkan hasil bahwa Google Instant telah menghemat 2 sampai 5 detik per pencarian, dan penghematan ini akan terus bertambah.

Saya sempat menggunakannya sebentar tadi malam, dengan menggunakan tautan dari artikel ini sebelum Google Instant resmi dirilis, dan mencoba melakukan beberapa pencarian, cukup hebat, benar-benar bisa menghemat waktu, minimal Anda tidak perlu menekan tombol enter lalu kembali lagi mengetikkan kata kunci dan menekan enter lagi.

Tertarik? Pengguna Indonesia harus bersabar, Google Instant akan langsung tersedia bagi pengguna yang telah melakukan log masuk ke akun Google di negara Perancis, Jerman, Italia, Rusia, Spanyol, U.K. dan tentu saja U.S. sedangkan untuk pengguna umum akan bisa diakses dalam beberapa minggu dan bulan kedepan.

Seperti yang dituliskan oleh SearchEngineLand, fitur Google Instant bisa dinikmati dengan menggunakan peramban Chrome v5/6, Firefox v3, Safari v5 untuk Mac and Internet Explorer v8 dan hanya akan bekerja jika Anda melakukan pencarian lewat halaman muka Google atau pada kotak pencarian Google Search, tidak akan bekerja jika Anda melakukan pencarian dari kotak pencarian pada peramban Anda, pencarian dari Google Toolbar, iGoogle, atau dari tempat lain yang bisa memberikan akses ada Google Search.

Anda bisa melihat pengumuman lengkap di tautan ini atau melihat keterangan lengkap tentang Google Instant di tautan ini. Masih belum terbayang rasa senang yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Instant? Anda bisa cek video berikut.

Sumber gambar: Google Operating System.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter