1. Startup

Google Luncurkan Instant Previews

Masih ingat dengan Google Instant? Salah satu perkembangan yang dilakukan Google atas mesin pencari mereka yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian tepat ketika mereka mengetikkan kata kunci, dan hasil pencarian bisa berubah sesuai dengan kata kunci yang diketikkan, atau Anda masih ingat dengan uji produk Google yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fasilitas full page preview?

Kini pengguna bisa menikmati kedua fasilitas ini secara bersamaan, Google merilis fitur tambahan bagi layanan pencarian mereka, Instant Previews. Instant Previews memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan sebuah situs atau hasil pencarian tanpa berpindah halaman, tampilan dari hasil pencarian akan muncul di samping, pada bagian kanan halaman Google Search.

Untuk menggunakan Instant Previews ini, Anda hanya perlu melakukan klik pada ikon kaca pembesar yang akan muncul dibagian ujung, yang berada di sebelah judul dari hasil pencarian, nantinya akan muncul kotak yang menampilkan preview tampilan halaman dari tautan hasil pencarian. Tentunya Anda harus mengaktifkan Google Instant untuk menikmati fasilitas ini.

Instant Previews ini juga akan meng-highlight teks atau bagian tertentu yang terdapat pada halaman pencarian yang berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Tampilannya berupa kotak oranye sebagai penanda bahwa bagian tertentu dari halaman hasil pencarian memiliki bagian konten yang mungkin dicari atau dibutuhkan oleh pengguna.

Untuk berpindah dari satu preview ke preview lainnya, setelah pengguna melakukan klik pada salah satu hasil pencarian maka Anda hanya perlu menggeser mouse ke hasil pencarian yang diinginkan atau menggunakan tombol panah pada papan ketik.

Google Instant memang diperuntukkan sebagai sebuah fasilitas yang memudahkan dalam melakukan pencarian, kecepatan serta fasilitas otomatis yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian tanpa harus mengklik tombol 'enter' serta hasil pencarian yang berubah secara langsung juga bisa memudahkan pengguna dalam menemukan konten yang ingin dicari.

Meski kenyamana penggunaan Google Instant bisa jadi dipengaruhi juga oleh koneksi internet, untuk pengguna dengan koneksi internet yang lambat mungkin akan sedikit terganggu dengan fasilitas ini, namun jika Anda seperti saya yang menggunakan Google untuk pencarian cepat, Google Instant yang kini ditambahkan fasilitas preview bisa menjadi salah satu fitur paling menyenangkan yang dirilis Google. Kemudahan untuk melihat terlebih dahulu tampilan serta konten yang ingin dicari bisa menghemat waktu dalam memilih hasil pencarian dan membandingkan antara satu hasil pencarian dengan hasil yang lainnya. Highlight dari kata kunci juga bisa membantu dalam menemukan bagian kata dari hasil pencarian yang ingin langsung didapatkan.

Dalam blog resmi mereka, Google juga menjelaskan bahwa hasil dari data yang didapat dalam uji produk Instant Previews ini mengatakan bahwa sekitar 5% dari pengguna lebih menyukai hasil pencarian yang didapatkan dari fasilitas ini. Untuk mulai mencoba layanan Google ini, Anda bisa langsung menuju ke tautan ini dan mulai melakukan pencarian.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again