Categories

Opini

Google Merilis Official Google Buzz Button

Chris Prakoso - 14 April 2010

Masih ingat tentang Google Buzz?  Setelah gebrakan Google yang tiba-tiba merilis Buzz ke para pengguna GMail awal Februari yang lalu, dunia internet kelihatan heboh sekali.  Waktu itu banyak yang berpendapat bahwa Google bisa dibilang 'ceroboh' dan kurang 'berpikir panjang', terutama karena fitur-fitur yang ada pada versi pertama itu banyak yang melanggar privasi penggunanya.

Tapi Google melihat penolakan-penolakan itu langsung meminta maaf atas keceroboan yang mereka lakukan itu, dan dengan cepat memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

Bagaimana pun juga, walaupun diwarnai dengan kontroversi, banyak masyarakat pengguna Internet, terutama yang 'early-adopter', yang langsung merangkul Google Buzz ini.  Beberapa blog-blog teknologi, seperti Mashable atau Techcrunch, hanya beberapa hari setelah Buzz diumumkan, bisa terlihat mencantumkan tombol 'Buzz This' buatan sendiri.  Tombol ini, seperti tombol-tombol sharing yang lain (Tweet This misalnya), berguna waktu pembaca ingin men-share artikel yang dia baca lewat Google Buzz.  Tombol Google Buzz 'racikan' sendiri ini sebenarnya adalah 'hack' yang menggunakan bantuan Javascript dan fungsi sharing yang dipunyai Google Reader sebagai jembatan untuk mempublikasikan sebuah tautan ke Google Buzz.  Google sendiri tidak punya fitur atau API yang bisa mengirimkan tautan itu secara langsung.

Tapi hari ini kita tidak perlu memakai hack lagi, karena Google sendiri telah merilis tombol Buzz yang bisa anda pasang di blog anda masing-masing dengan mudah.  Tombol Buzz yang baru ini akan mempublikasikan tautan halaman website anda secara langsung tanpa harus lewat Google Reader.

Bagaimana caranya? Silahkan mengunjungi halaman Google Buzz Stuff, dimana anda bisa memilih beberapa pilihan dan kemudian tinggal 'copy & paste' kode javascript yang dihasilkan.  Contohnya seperti dibawah ini:

Selain tombol Buzz ini, Google juga memberikan tombol 'Follow on Buzz' yang pada dasarnya untuk memberikan kesempatan kepada orang untuk 'Follow' akun Buzz anda secara mudah.

Caranya lebih mudah lagi dari yang diatas, anda hanya tinggal memasukkan alamat Google Profile anda, dan Google akan memberikan kode Javascript yang sekali lagi bisa anda taruh dari website/blog anda.

Terus terang sudah beberapa minggu saya tidak mengunjungi akun Buzz saya, bukannya tidak mau, tapi agak susah untuk membagi waktu dengan aktivitas-aktivitas media sosial lain (Twitter, Facebook, dll).  Tapi dengan adanya tombol Google Buzz ini mungkin saya akan lebih sering mengunjungi-nya.

Bagaimana dengan anda?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter