Dark
Light

Google Now Launcher Telah Tersedia Untuk Device Google Ber-KitKat

1 min read
February 27, 2014

Google Now Launcher memberikan Anda metode yang mudah dalam mengakses Google Now secara intuitif. Ia pertama kali diperkenalkan saat Google Nexus 5 diluncurkan beberapa bulan lalu. Dan kini sang raksasa asal Kalifornia ini merilis Google Now Launcher untuk device Nexus ataupun perangkat pintar yang Anda beli di Google Play.

Anda tidak lagi harus menutup aplikasi yang sedang dijalankan karena Anda bisa mengakses Google Play Launcher dengan beberapa cara. Dengan menginstalnya Google Now kini berada di layar home screen Anda. Saat Anda swipe ke sebelah kiri, Anda akan disajikan informasi cuaca, suhu hingga harga saham. Namun yang cukup unik adalah cara bagaimana Anda mengaktifkan Google Now itu sendiri.

 

Info menarik: Blackphone, Smartphone yang Mengutamakan Privasi Telah Tersedia Untuk Dipesan

 

Tiap kali Anda melihat search box, maka Google Now bisa diakses. Anda hanya perlu mengatakan ‘ok Google‘ dan masukan pertanyaan ataupun input dalam bahasa Inggris. Cara lain adalah dengan men-tap tombol mikrofon dan memasukkan input tersebut. Dari sana Anda bisa memerintahkan handset apapun yang Anda inginkan: mengirim pesan singkat, mencari arah hingga memainkan lagu. Jika Anda lebih memilih metode tradisional, Anda bisa mengetikkan apapun yang Anda cari di search box itu.

Google mengklaim bahwa pendekatan desain yang diusung Google Now Launcher menyajikan proses navigasi yang sederhana, cantik dan juga ‘immersive‘. Layout yang dimilikinya juga memastikan wallpaper apapun yang Anda pilih akan tampil dengan maksimal tanpa tertutup ikon-ikon dan bagian UI lainnya.

Bar status serta navigasi kini tersaji tembus pandang, dan sangat mungkin bagi pengguna untuk memperluas app drawer – sejauh yang diizinkan handset.

Secara teknis, Google telah mendongkrak kecepatan load mesin pencari secara maksimal. Untuk aplikasi-aplikasi eksklusif mereka seperti Gmail, YouTube dan Maps, Google Now Launcher menawarkan akses yang sangat mudah.

 

Info menarik: Kerja Sama Telkomsel dan Nokia Untuk Hadirkan Nokia X di Indonesia

 

Fitur terakhir yang tak kalah unik adalah kemampuan wallpaper picker yang intuitif. Anda bisa dengan mudah mengambil gambar atau foto apapun di dalam device maupun cloud storage, mencari posisi terbaik dan melihat tampilan preview sebelum Anda mengesetnya sebagai wallpaper.

Sedikit peringatan: fitur voice command dengan mengatakan ‘ok Google‘ baru bisa diakses secara lengkap di wilayah Amerika Serikat, Inggris Raya dan Kanada. Kemudian pastikan perangkat Android Anda sudah menjalankan sistem operasi terbaru, KitKat. Atau Anda memiliki perangkat-perangkat pintar (ponsel atau tablet) yang dibeli via Google Play Store yang sudah berOS KitKat.

Jika Anda sudah siap beralih ke launcher baru ini, silakan unduh Google Now Launcher dari Google Play.

Via Plus.Google.com.

Previous Story

Toko Perlengkapan Bayi Bilna Targetkan 1000 Produk Baru Tiap Bulannya

Next Story

Connected Paper, Kertas Elektronik Canggih Garapan Ericsson

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan