26 February 2014

by wiku

Kerja Sama Telkomsel dan Nokia Untuk Hadirkan Nokia X di Indonesia

Informasi atas kehadiran Nokia X yang akan ‘diboyong’ oleh Telkomsel telah diinformasikan dalam artikel TRL kemarin. Kini informasi dari Telkomsel sendiri telah dipublikasikan secara resmi.

Dalam artikel sebelumnya disebutkan bahwa untuk pengguna Nokia X akan bisa menikmati layanan potong pulsa. Telkomsel sendiri dalam rilis resmi mengatakan bahwa kehadiran seri Nokia X sendiri akan memperkuat ekosistem DNA (Device - Network - Application) yang mereka jalankan di Indonesia.

Telkomsel dan Nokia nantinya akan memperkenalkan Nokia X ke Indonesia dengan harga terjangkau. Telkomsel sendiri memiliki pengguna Nokia loyal yang ada di jaringan mereka, kemitraaan ini diyakini akan membawa respon positif di pasar.

Telkomsel juga menjadikan kerja sama ini untuk mengajak lebih banyak lagi pelanggan mereka yang beralih ke layanan 3G.

Seperti yang kita tahu, Nokia X sendiri akan terdiri dari tiga tipe (Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL), semuanya berada dikisaran harga di bawah 2 juta, pangsa pasar ini bisa jadi masih diisi oleh mereka yang menggunakan layanan 2G, kemampuan Nokia X bisa menjadi jembatan akan hal ini.

 

Info menarik: Informasi Tentang Seri Nokia X

 

Meski tidak ada keterangan detail seri mana saja yang akan disediakan di Indonesia, namun untuk Nokia X sendiri akan segera tersedia untuk dibeli, sedangkan dua seri lagi baru akan tersedia kuarter kedua 2014. Jadi bisa dipastikan Telkomsel dan Nokia akan mendorong adopsi untuk Nokia X terlebih dahulu.

Dari sisi Telkomsel tentunya paket data yang akan digelar juga aka mendukung para calon pengguna Nokia X untuk memaksimalkan ponsel smartphone yang bisa menjalankan aplikasi Android dari Nokia ini.

Nokia X sendiri menggunakan Android Open Source Platform (AOSP) dan selain bisa menjalankan aplikasi Android, ponsel ini juga telah disematkan berbagai aplikasi populer dari Nokia dan Microsoft seperti HERE Maps, MixRadio dan layanan Outlook.com serta Skype.

Untuk aplikasi yang ingin diunduh pengguna bisa mengaksesnya lewat Nokia Store, Nokia X juga memungkinkan sideload lewat APK aplikasi Android. Meski untuk beberapa aplikasi harus ada penyesuaian dari API-nya.

Dukungan brand yang dikenal luas di Indonesia - Nokia, paket internet, potong pulsa untuk pembelian aplikasi. Seperti yang saya sebutkan di artikel sebelumnya, resep jitu untuk menaklukan pasar Indonesia. Menarik untuk melihat saat Nokia X tersedia untuk dibeli secara umum.

Thanks @erryfp, sumber tambahan Phonearena