Categories

Gadget

Google Luncurkan Paper Signals, Perangkat DIY dari Kertas yang Bisa Dikendalikan dengan Suara

Bisa untuk memonitor kondisi cuaca, memonitor fluktuasi Bitcoin atau sekadar mengingatkan kita untuk rehat sejenak

Glenn Kaonang - 5 December 2017

Google adalah perusahaan yang sangat gemar bereksperimen, wajar mengingat Google sendiri bisa dikatakan terlahir dari sebuah eksperimen sepasang mahasiswa doktorat. Selain merilis AIY Vision Kit, Google baru-baru ini rupanya juga memperkenalkan proyek eksperimental lain bernama Paper Signals.

Proyek ini merupakan bagian dari Google Voice Experiments. Tujuan yang ingin dicapai dari Paper Signals adalah menciptakan perangkat fisik yang dapat dikendalikan menggunakan perintah suara. Perangkat fisik yang seperti apa maksudnya? Sederhana saja, yang terbuat dari kertas.

Google Paper Signals

Seperti AIY Vision Kit, Paper Signals juga mengadopsi konsep DIY. Google hanya menyediakan komponen elektronik yang dibutuhkan, sisanya kita yang buat dan rakit sendiri. Google turut menyediakan template bentuk perangkat seperti yang bisa dilihat di atas, yang tinggal kita cetak dan potong sendiri.

Komponen-komponen itu mencakup development board mungil Adafruit Feather Huzzah yang berbekal Wi-Fi, micro servo, kabel jumper dan kabel micro USB untuk sinkronisasi data. Setelah dirakit, perangkat bisa diprogram untuk bermacam kebutuhan menggunakan source code yang open-source.

via GIPHY

Pengoperasiannya mengandalkan perangkat yang mendukung integrasi Google Assistant. Dari situ kita bisa memerintahkan perangkat untuk, misalnya, memonitor kondisi cuaca, memonitor fluktuasi nilai Bitcoin, atau sekadar mengingatkan kita untuk rehat sejenak selagi bekerja.

Skenario-skenario ini barulah yang diajukan oleh Google, dan konsep open-source tentu saja bisa membuka potensi Paper Signals yang lebih luas lagi. Google memasarkan bundel komponennya seharga $25 saja, dan Anda bisa melihat cara kerjanya secara lebih jelas melalui video di bawah ini.

Sumber: PCMag dan Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter