1. Lifestyle

Lengkapi Paket Aplikasi untuk Pendidikan, Google Perkenalkan Google Classroom

Setelah merilis Google Play for Education pada November 2013 lalu, Google kembali menambah panjang daftar paket aplikasi untuk pendidikan besutannya. Kali ini Google memperkenalkan Google Classroom sebagai bagian dari paket aplikasi Google Apps for Education.

Dari keterangan yang dipublikasikan di blog resmi Google, Classroom tampaknya merupakan integrasi dari beberapa layanan Google yang dikustomisasi khusus untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di kelas. Beberapa layanan Google yang diintegrasikan ke dalam paket Google Classroom diantaranya adalah Google Docs, Google Drive, dan Gmail. Dengan Classroom, pemberian dan pengumpulan tugas untuk murid bisa dilakukan melalui Docs, Drive maupun Gmail. Selain itu, guru dan murid juga bisa berinteraksi secara real time melalui Google Classroom.

[youtube id="JUiLc0If0CI" width="620" height="360"]

Google menjanjikan bahwa Google Classroom akan tersedia secara gratis dan bebas dari iklan. Sayangnya, saat ini Google Classroom hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah mendapat invitasi dari Google saja. Para pelaku dunia pendidikan bisa meminta invitasi untuk menggunakan Google Classroom dari Google di tautan ini. Pengguna yang mendapat invitasi dari Google akan bisa mulai mencoba aplikasi ini sebelum kemudian Classroom bisa diakses secara terbuka oleh seluruh pengguna Google Apps for Education lainnya.

Sayangnya, mengingat Google Apps for Education saat ini masih terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat saja, kemungkinan besar Google Classroom juga untuk sementara waktu hanya akan tersedia di Amerika Serikat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again