Categories

Gadget

Tawarkan Proteksi Ekstra, Google Rilis Titan Security Key

Titan Security Key mengautentikasi login melalui Bluetooth dan USB, mirip dengan buatan Yubico

Bambang Winarso - 26 July 2018

Keamanan sejak lama menjadi elemen terpenting bagi hampir semua orang yang menggunakan perangkat terkoneksi di luar sana, dari bisnis hingga pengguna personal. Dan Google tampaknya memahami kebutuhan itu dengan meluncurkan beberapa update layanan dan produk baru, salah satunya perangkat keamanan berbentuk fisik bernama Titan Security Key.

Diumumkan di ajang konferensi Cloud Next di San Francisco, Titan Security Key dirancang untuk membantu melindungi proses login ke layanan secara ketat. Perangkat ini dirancang untuk mengautentikasi login melalui Bluetooth dan USB, dan Google juga menyertakan firmware khusus yang dirancang untuk memverifikasi keasliannya.

Cara kerjanya sangat mirip dengan kunci buatan Yubico yang telah lama ditetapkan oleh Google sebagai standar otentikasi dua faktor berbasis perangkat keras untuk Gmail dan layanan lainnya.

Kunci yang kompatibel dengan FIDO ini diproduksi dalam dua versi. Versi pertama memiliki dukungan Bluetooth untuk perangkat mobile. Versi ini juga mempunyai dukungan NFC dan pengisian melalui USB tipe C.

titan security key_2

Kemudian satu versi lainnya dihubungkan langsung ke port USB perangkat komputer. Dalam hal penampilan dan fungsionalitas, Titan Security Key memiliki sejumlah tombol yang hampir serupa dengan yang ada di kunci Yubico, meskipun dari sisi desain Google sepertinya punya konsep sendiri.

Titan Security Key tersedia untuk pelanggan Google Cloud mulai hari ini, dan akan tersedia secara luas di penghujung tahun melalui Google Store.

 

Sumber berita GoogleBlog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id