27 September 2016

by Bambang Winarso

Google Dikabarkan Godok Pixel 3, Laptop Convertible dengan Sistem Operasi Andromeda

Google Pixel 3 dirumorkan bakal melenggang dalam dua varian super tipis

Sejak beberapa bulan lalu, Google dikabarkan sedang menggodok sistem operasi baru yang belakangan diketahui bernama Andromeda, OS perkawinan antara Android dan Chrome OS yang akan ditanamkan di sebuah perangkat laptop convertible, Pixel 3.

Dikabarkan oleh AndroidPolice bahwa Pixel 3 yang menggunakan kode nama Bison digambarkan sebagai perangkat yang tampak seukuran laptop dan dapat berfungsi sebagai tablet. Disebutkan pula ada dua varian super tipis yang sedang disiapkan, salah satunya mengemas layar 12,3 inci.

Konfigurasi komponennya disebut-sebut menggunakan prosesor Intel M3 atau i5 Core, ruang simpan 32GB atau 128GB dan juga opsi RAM dari 8GB dan 16GB. Google juga tampaknya bakal menyematkan sensor sidik jari, audio jack 3.5mm, dua port USB tipe C dan juga mendukung input via stylus seperti halnya perangkat seri Surface.

Komponen baterai yang digunakan diklaim bakal mampu menjaga perangkat tetap menyala selama 10 jam. Banderol Pixel 3 diperkirakan di kisaran $800 per unitnya. Tapi kemunculan perangkat kemungkinan baru akan terwujud pada paruh kedua tahun depan. Masih cukup lama.

Berangkat dari spesifikasi yang kemungkinan bakal diusung, tampaknya Pixel 3 adalah perangkat yang dirancang untuk menjadi lawan seimbang bagi Microsoft Surface atau mungkin iPad Pro. Fungsi ganda yang disuguhkan membuat Pixel 3 mampu menjangkau pasar yang lebih luas, terutama pengguna iPad Pro yang membutuhkan dukungan mobilitas yanag lebih baik.

Perihal platform yang digunakan, sampai saat ini belum ada informasi yang dapat dijadikan patokan, bagaimana ia akan bekerja. AndroidPolice mengatakan bahwa Andromeda bakal menonjolkan sisi powerful yang jadi ciri khas Chrome OS dan menggabungkannya dengan sebagian besar inisiatif yang menjadi kekuatan Android. Hasilnya, tentu seharusnya jauh lebih mengesankan.

Selain laptop Pixel 3, Google diyakini juga sedang mencoba membenamkan sistem operasi yang sama untuk Google Nexus 9.

Google Pixel dan Pixel XL Bakal Debut 4 Oktober?

Di ranah yang berbeda, Google kian dekat dengan acara peluncuran perangkat baru yang dijadwalkan pada 4 Oktober mendatang. Di hari itu, Google sangat mungkin bakal merilis dua smartphone baru terlebih dahulu, yaitu Pixel dan Pixel XL yang berbasiskan Android 7.1.

 

Di event inilah Google kemungkinan besar baru akan membeberkan lebih banyak soal OS barunya, atau paling tidak mengonfirmasi bahwa benar Andromeda dalam Pixel 3 ada dalam rencana besar mereka di tahun depan.

Sumber berita AndroidPoliceย danย Venturebeat.