Categories

Gadget

Google Pixel 5a 5G Dirilis, Lebih Murah, Lebih Kokoh, Tapi Performa Identik

Untuk pertama kalinya di seri Pixel a, bodi Pixel 5a 5G tahan air dan debu dengan sertifikasi IP67

Glenn Kaonang - 18 August 2021

Google bakal segera meluncurkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dalam waktu dekat, dan kedua ponsel tersebut akan kembali menempatkan seri Pixel ke kasta flagship. Namun sebelum itu terwujud, Google rupanya lebih dulu menarget segmen mid-range dengan meluncurkan Pixel 5a 5G.

Sesuai namanya, ponsel ini merupakan penerus langsung dari Pixel 4a 5G yang dirilis tahun lalu. Bentuk keduanya tampak nyaris identik, akan tetapi Pixel 5a 5G menang satu langkah karena rangka bodinya sudah terbuat dari aluminium. Bukan cuma itu, bodinya pun tahan air dan debu dengan sertifikasi IP67, pertama kalinya untuk seri Pixel a.

Ukuran layar OLED-nya agak membesar dari 6,2 inci menjadi 6,34 inci, akan tetapi resolusi dan refresh rate-nya tetap di angka 1080p dan 60 Hz. Sejalan dengan fisiknya yang lebih kokoh, lapisan kaca yang memproteksi layarnya pun telah di-upgrade dari Gorilla Glass 3 menjadi Gorilla Glass 6.

Perubahan yang terakhir dan yang paling signifikan adalah perkara baterai. Kapasitasnya naik drastis dari 3.885 mAh menjadi 4.680 mAh, meski memang dukungan charging-nya tidak berubah (18 W), dan wireless charging pun tetap absen.

Otomatis daya tahan baterai Pixel 5a 5G dipastikan lebih awet lagi ketimbang pendahulunya, apalagi mengingat spesifikasinya memang tidak berubah, masih menggunakan chipset Snapdragon 765G, lengkap beserta RAM 6 GB dan storage internal 128 GB. Tiga kamera yang tertanam pun sama persis: kamera utama 12 megapixel f/1.7, kamera ultra-wide 16 megapixel f/2.2, dan kamera depan 8 megapixel f/2.0.

Istimewanya, semua itu bisa Google tawarkan dalam harga yang lebih murah. Di Amerika Serikat, Google Pixel 5a 5G dijual dengan banderol $449 (± 6,45 jutaan rupiah), turun $50 dari banderol milik pendahulunya.

Sumber: GSM Arena dan Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter