Interview

Google Play Connect Menjadi Ajang Kolaborasi Pengembang Mobile Game Lokal dan Mancanegara

Mencari peluang kolaborasi strategis guna saling melokalisasi konten game

Pasar mobile games dunia memang selalu menjadi komoditas hangat tak terkecuali di Indonesia. Melihat penetrasi penggunaan smartphone, pertumbuhan hingga revenue bahkan terdongkrak naik seiring berjalannya waktu. Potensi pasar lokal memancing Google untuk turut mengambil andil dalam perkembangan jangka panjangnya. Menggagas Google Play Connect, raksasa internet tersebut mencoba mempertemukan pemegang kepentingan industri ini dari Indonesia dengan mancanegara.

Google Play Connect merupakan sebuah acara yang mempertemukan perusahaan game global dengan pengembang aplikasi maupun game Indonesia untuk menggali kesempatan kolaborasi yang nantinya akan memajukan industri mobile game di Indonesia dalam prosesnya. COO Touchten Rokimas Soeharyo menyambut ide tersebut dengan sangat optimis.

“Saya berterima kasih sekali pada Google Play Connect untuk mengangkat pasar Indonesia. Mereka sangat percaya dan mendukung Indonesia. Yang mereka lakukan sangat meningkatkan awareness tentang Indonesia dan akan memvalidasi betapa pentingnya negara kita dalam industri mobile games secara global,” katanya berkorespondensi dengan DailySocial.

Lebih lanjut Roki mengatakan Google Play Connect berhasil memfasilitasi learning, sharing, dan networking tak hanya antara perusahaan mobile games lokal dan mancanegara, tetapi juga publisher-publisher kenamaan. Menurutnya, discoverability menjadi salah satu masalah yang cukup sering dihadapi oleh pemain lokal.

“Tentang discoverability, sebagian besar adalah faktor marketing budget. Bagi kami yang marketing budget-nya terbatas, kami harus lihai mengunakan cara-cara yang cost effective seperti: berkolaborasi dengan komunitas-komunitas untuk peroleh dukungan, menjalankan kampanye media sosial yang efektif, terukur dan terarah, serta berkontribusi di forum-forum. Pokoknya konsep kami grassroots movement, dan word of mouth," lanjut Roki.

Event ini berjalan dengan sangat interaktif. Pengembang luar turut menanyakan serta mencari SDM ahli yang sekiranya mampu membantu melokalisasikan seiring mempertahankan judul-judul game mereka saat ini. Kesempatan kolaborasi ini mengizinkan publisher internasional untuk merilis produknya di Indonesia melalui tim lokal, begitu juga sebaliknya. Turut hadir jajaran petinggi Google Play untuk regional Asia-Pasifik, seperti Kunal Soni, David Yin, dan Hirotaka Yoshitsugu.

“Touchten sendiri sedang mempertimbangkan membawa jajaran title kami luar ke pasar Indonesia. Di luar itu, mencari kesempatan kolaborasi bisnis secara umum lainnya, dan tetap fokus mengembangkan bisnis kita di pasar Indonesia untuk menjadi yang nomor 1 di rumah sendiri,” tutup Roki ketika ditanyai soal Touchten.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter