1. Startup

Google Play Tingkatkan Kolaborasi dengan Pengembang Permainan di Indonesia

Bakal menghadirkan permainan berkualitas buatan pengembangan lokal, meluncurkan kampanye #SalipLevel selama bulan ramadhan

Google Indonesia memaparkan tren dan consumer behavior terkait dengan mobile games di Indonesia. Kepada media hari ini (24/05) Head of Business Development Google Play Kunal Soni mengungkapkan sebanyak 71% masyarakat Indonesia mengakses internet melalui smartphone.

Dari data tersebut juga disebutkan, meskipun saat ini tersedia beberapa platform permainan yang cukup diminati di Indonesia (PC, Console dan Tablet), smartphone untuk ke depannya memiliki potensi cerah untuk para pengembang lokal, mengembangkan mobile games di Indonesia. Saat ini terdapat 2 juta pengguna aktif di Google Play setiap bulannya.

Untuk mendorong pengembang lokal menghasilkan permainan yang baik dan berkualitas, Google Play bakal menambah kolaborasi dengan mengedepankan tiga fokus di Indonesia.

“Selama ini Indonesia telah memberikan kontribusi yang cukup banyak untuk permainan di Google Play. Ke depannya kami dari Google ingin memastikan bukan hanya menarik permainan yang dibuat oleh pengembang lokal, namun juga berkualitas,” kata Kunal.

Tiga fokus yang ingin diterapkan oleh Google Play di Indonesia adalah, lokalisasi, promosi dan pembayaran. Masing-masing memiliki impact yang mendalam dan berguna bukan hanya untuk pengembang lokal namun juga gamers di Indonesia.

“Riset menunjukkan sebanyak 58% aplikasi yang diunduh oleh pemilik smartphone di Indonesia adalah permainan. Hal tersebut membuktikan minat serta antusias besar dari pengguna di Indonesia terhadap permainan lokal hingga mancanegara di Google Play,” kata Kunal.

Menfaat lebih untuk pengembang lokal

Selain kolaborasi yang akan lebih digencarkan oleh Google, manfaat lain yang bisa didapatkan oleh pengembang permainan lokal adalah, kesempatan untuk mempromosikan permainan tersebut secara global. Selain itu Google juga akan mengundang pengembang mancanegara untuk kemudian memasarkan permainan mereka ke Indonesia mengikuti minat serta kebiasaan dari pengguna di Indonesia.

“Kami saat ini sudah bekerja sama dengan ribuan pengembangan permainan di Indonesia dan mancanegara. Diharapkan dengan masuknya beberapa pengembangan internasional di Indonesia, bisa memberikan kesempatan bagi pengembang lokal untuk mempelajari lebih mendalam skill hingga teknologi yang mereka miliki,” kata Kunal.

Untuk menambah jumlah pengguna di Indonesia, Google Play juga menghadirkan pilihan pembayaran yang mudah. Mulai dari Carrier Billing (potong pulsa) dengan empat operator telekomunikasi ternama di Indonesia (Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren), hingga Google Play Gift Card yang baru-baru ini diluncurkan oleh Google Play di Indonesia.

Promo #Saliplevel Google Play Indonesia

Menyambut datangnya bulan suci ramadhan, Google Play Indonesia meluncurkan promo khusus selama bulan ramadhan yang diberi nama Kampanye #SalipLevel. Melalui kampanye #SalipLevel, pengguna dapat menemukan diskon hingga 80% serta promosi lainnya di Play Store.

Terdapat 36 permainan lokal dan internasional populer yang bisa dinikmati dalam promo ini, diantaranya adalah, Tahu Bulat, Nasi Goreng, Clash of Clans dan masih banyak lagi.

“Program khusus Ramadhan ini bukan hanya menguntungkan konsumen namun juga memberikan kesempatan lebih luas bagi pengembang aplikasi game di Indonesia untuk meraih audiens yang lebih besar,” kata Kunal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again