Categories

Mobile

Aplikasi Google Podcasts Akhirnya Hadir di iPhone

Sebelumnya cuma bisa diakses lewat Google Search

Glenn Kaonang - 31 March 2020

Diluncurkan pada pertengahan 2018, aplikasi Google Podcasts akhirnya merambah platform iOS dan web setahun setelahnya. Sayang eksistensinya di luar Android bukanlah secara langsung, melainkan sebagai bagian dari Google Search.

Buat yang sudah terbiasa mendengarkan podcast, mereka pasti lebih memilih menggunakan aplikasi terpisah khusus untuk mengonsumsi konten audio-only tersebut, terutama jika aplikasinya mendukung fitur sinkronisasi, sehingga apa yang tadinya sedang didengarkan di ponsel bisa lanjut didengarkan di laptop.

Well, Google Podcasts akhirnya sudah tersedia sebagai aplikasi tersendiri di iPhone, lengkap dengan fitur sinkronisasi beserta tampilan baru yang juga menyambangi versi Android-nya. Desain barunya ini dibagi menjadi tiga tab: Home, Explore, dan Activity. Home, seperti yang sudah bisa kita duga, menyediakan akses cepat ke deretan podcast favorit yang kita subscribe.

Pada tab Explore, kita bisa langsung melakukan pencarian podcast, atau melihat rekomendasi yang disajikan berdasarkan kategori. Terakhir, tab Activity menampilkan deretan episode yang mengantre untuk didengarkan, episode yang diunduh, dan daftar episode podcast yang sudah pernah didengarkan.

Untuk setiap podcast yang pengguna subscribe, ada opsi untuk mengaktifkan fitur download otomatis, tidak ketinggalan juga push notification di saat ada episode baru. Kabar baik untuk yang mengakses Google Podcasts lewat laptop atau PC, web app-nya sekarang sudah sepenuhnya mendukung fitur subscription.

Dibandingkan aplikasi podcast lain, Google Podcasts mungkin kurang begitu memikat bagi kalangan power user. Namun untuk pengguna secara umum yang mencari aplikasi podcast multi-platform, Google Podcasts sudah cukup memadai, dan tentu saja sudah bisa dipakai untuk mendengarkan #NgobrolinStartUp dari DailySocial.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter