1. Startup

Google Resmi Akuisisi Jambool Serta Perubahan Tampilan Facebook Notes

Setelah sebelumnya dikabarkan akan diakuisisi oleh Google, akhirnya Jambool mengumunkan secara resmi bahwa mereka telah diakuisisi oleh Google.  Lewat blog resmi mereka, Jambool mengumumkan bahwa mereka kini telah resmi bergabung dalam keluarga Google.

Jambool membuat Social Gold, sebuah platform yang bisa membantu para pengembang untuk membuat, mengatur dan melakukan monetisasi atas perekomonomian virtual mereka. Seperti yang dijelaskan dalam pengumuman akuisisi mereka, Social Gold ini muncul pertama kali tahun 2008, dan pada awal tahun 2010 mengalami pertumbuhan dua kali lipat dari jumlah pembayaran yang mereka proses pada seluruh tahun 2009.

Jambool juga menjelaskan tentang visi yang sama antara mereka dan Google dan mengajak para konsumen, para pengembang serta relasi mereka untuk tetap menggunakan platform mereka, meskipun kini mereka telah bergabung dengan Google.

Jadi kini Google telah memiliki Slide, berinvestasi pada Zynga, dan mempunyai platform ekonomi virtual dari Jambool dengan Social Gold, kini kita tinggal menunggu perkembangan apa yang akan dilakukan Google atas akuisisi serta langkah mereka untuk mengembangkan Google Game dan mempertajam persaingan mereka dengan Facebook.

Disisi lain Facebook juga terus memperbaharui berbagai fitur yang ada pada layanan mereka, setelah kemarin melakukan perbaikan pada tampilan album foto, kini Facebook melakukan perubahan tampilan serta penambahan beberapa fitur pada Facebook Notes.

Kini di layanan Facebook Notes telah ditambahkan text editor, yang memudahkan untuk melakukan berbagai fungsi dalam tulisan, seperti penebalan huruf atau kalimat, tampilan teks miring, quotes, serta berbagai fasilitas lain. Anda juga bisa menambahkan tag pada catatan yang Anda buat, memambahkan foto. Facebook juga mengubah tampilan untuk mencari catatan yang relevan bagi pengguna, dibagian kiri halaman Facebook Notes ada tambahan tautan untuk mencari catatan teman, catatan yang terdapat pada Facebook Pages, catatan yang dibuat oleh Anda sendiri, tautan untuk rancangan catatan serta tautan untuk mencari catatan tentang Anda sendiri. Ada juga kolom semacam kolom pencarian untuk langsung mencari catatan yang dibuat oleh teman Anda atau Facebook Pages tertentu.

Saya mencobanya dan memang cukup memudahkan, selain text editor yang bisa memudahkan untuk memberi tanda pada kalimat tertentu, misalnya cetak tebal untuk bagian penting, fasilitas untuk mencari catatan teman yang kini berada disamping cukup memudahkan untuk mencari berbagai catatan yang mungkin terlewat atau perlu dicari kembali.

Meski tidak saling berhubungan, perkembangan antara Google dan Facebook ini menjelaskan satu hal bahwa masing-masing terus memperbaharui layanan mereka, Google mengejar untuk menjadi lebih sosial dan mengembangkan terus sisi permainan di ranah sosial mereka, dan Facebook terus melakukan perubahan untuk membuat para pengguna lebih nyaman dalam berinteraksi antar pengguna dan membuat mereka semakin betah diam dalam layanan Facebook.

Dan, sudah pasti kita akan terus melihat berbagai perkembangan, pengembangan fitur dan mungkin saja berbagai akuisisi lain yang dilakukan baik dari Google maupun Facebook. Untuk yang tertarik membaca pengumuman dari Jambool, bisa melihatnya di tautan berikut dan untuk rilis tampilan dan fitur baru dari Facebook bisa melihatnya di tautan berikut.

http://dailysocial.net/2010/07/15/prediksi-dampak-google-game-bagi-developer-game-lokal/
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again