1. Startup

Google Resmi Akuisisi Slide, Siap-siap Menjadi Lebih Sosial

Google mengumumkan secara resmi akuisisi mereka atas Slide, sebuah perusahaan teknologi sosial yang mempunyai pengalaman dalam membangun cara baru bagi orang untuk terhubung dengan orang lain lewat berbagai platform online.

Setelah beberapa kabar yang mengindikasikan tentang pergerakan Google untuk semakin menjadi sosial, seperti investasi atas Zynga untuk permainan berbasis sosial, lalu kabar tentang pengembangan dan 'persiapan' Google Me, akuisisi atas Slide ini memperkuat prediksi tentang pergerakan Google ke ranah sosial, bahkan dikaitkan juga dengan persaingan mereka terhadap Facebook.

Seperti yang diumumkan lewat blog resmi Google, dengan akuisisi ini akan membuat Google menjadi lebih 'sadar sosial'. Beberapa produk Google memang telah mulai masuk ke ranah sosial, atau dengan kata lain mencoba membuat Google lebih ramah dengan dunia sosial di web dengan meluncurkan berbagai layanan yang didalamnya ada elemen sosial, seperti Gmail, Docs, Blogger, Picasa dan YouTube

Terlepas dari itu, berbagai pendapat yang mengatakan bahwa Google terlalu teknis muncul, yang menjadi salah satu alasan kenapa mereka 'sulit' untuk masuk ke dunia sosial di web, seperti yang dituliskan GigaOm, Google punya background kuat di masalah teknik dan mereka harus merubah mindset mereka untuk bisa sukses di ranah sosial.

Meskipun Google menjelaskan bahwa mereka tidak mempunyai detail tentang rencana apa yang akan mereka lakukan dengan akuisisi ini, namun bisa diprediksikan bahwa tim Slide yang kini bergabung dengan tim Google akan mengembangkan berbagai layanan yang berkaitan dengan komunikasi serta keterikatan di dunia internet, atau jika kita mau mengatakan dengan kata lain, Google sedang mempersiapkan secara serius pesaing Facebook.

Melihat pergerakan Google untuk menjadi lebih sosial memang seru, TechCrunch juga mengatakan bahwa Google itu lebih merujuk pada data dari pada orang, maka mempunyai orang teknis yang mengerti interaksi sosial akan lebih baik, disitulah akuisisi atas Slide bisa memberi peran.

Saya sendiri memang menunggu layanan Google, selain Buzz tentunya, yang bisa menyentuh aspek sosial dengan menggabungkan berbagai layanan yang dimiliki Google, dengan kata lain saya menunggu bentuk seperti apa Google Me nantinya.

Meskipun disangkal oleh Eric Schmidt bahwa Google tidak akan membuat produk yang sama dengan layanan lain, merujuk pada pengembangan Google Me vs Facebook, tapi arah kesana semakin jelas. Itu pendapat saya, bagaimana dengan pendapat Anda? Kolom komentar selalu terbuka untuk diskusi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again