1. Startup

Google Rilis Fitur Verifikasi 2 Langkah Untuk Akun Google

Google merilis sebuah fitur yang berhubungan dengan keamanan pengguna. Kini, pengguna yang memiliki akun Google bisa mengatur (opt-in) kemananan akun mereka dengan menambahkan satu langkah atau proses tambahan dalam proses sign in.

Proses dua langkah ini sebelumnya tersedia bagi pengguna Google Apps, namun kini tersedia bagi semua pengguna Google. Jadi, selain password yang dibutuhkan untuk melakukan proses sign in, pengguna bisa menambahkan kode khusus sebagai proses kedua, yang dibutuhkan untuk melakukan log masuk.

Pilihan pengaturan ini akan muncul pada halaman 'pengaturan akun' dengan tautan '2-step verification'. Seperti yang dijelaskan di blog Google, proses untuk mendapatkan kode khusus ini memakan waktu sekitar 15 menit. Akan terdapat juga set-up wizard yang memudahkan pengguna untuk melakukan pengaturan ini, termasuk langkah untuk melakukan backup jika Anda kehilangan ponsel utama Anda.

Anda bisa memilih untuk mendapatkan kode khusus ini dengan mendapatkan telepon dari Google, SMS atau mendapatkan kode dengan menggunakan aplikasi perangkat bergerak di Android, BlackBerry atau iPhone (Google Authenticator Application).

Proses ini tentunya menambah waktu ketika pengguna melakukan poses log masuk, namun tentunya bisa memberikan dua 'alat' kemananan untuk akun Google, password serta kode khusus. Google juga menambahkan bahwa, pengguna bisa memilih fasilitas pengingat kode verifikasi selama 30 hari atau mengatur on time application-specific password yang bisa digunakan untuk sign in ke akun Google dari non-browser app sehingga Anda tidak perlu memasukkan kode khusus hanya password saja.

Jika Anda telah memiliki akun Google dan ingin menambahkan pengaturan ini bisa melihat opsi pilihan di tautan ini, keterangan lebih lanjut tentang fasilitas verifikasi dua langkah akun Google ini bisa dilihat di tautan ini dan ini. Jika fasilitas ini belum tersedia di akun Google Anda, tunggu saja, karena fasilitas ini akan dirilis Google secara bertahap untuk semua pengguna Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again