StartupBerita

Google Sediakan WiFi Passport untuk Pengguna Android di Jakarta dan Sekitarnya

Google mulai melakukan aksi lokal di Indonesia dengan menghadirkan aplikasi WiFi Passport untuk pengguna Android di Jakarta, Tangerang, Depok dan Cikarang. Menggunakan aplikasi ini, pengguna smartphone dan tablet Android bisa terkoneksi dengan 90 lokasi WiFi Hotspot dengan biaya terjangkau dan tak perlu lagi menanyakan password WiFi yang berlaku di tempat tersebut. Untuk metode pembayarannya, aplikasi Google ini mengakomodasi penggunaan voucher MOGPLAY, hasil kerja sama dengan Indomog.

Menyadari bahwa tidak mudah mencari mudah konektivitas yang handal di Jakarta, Google nampaknya berusaha menjembatani hal ini dengan bekerja sama dengan sejumlah penyedia layanan WiFi publik. Berdasarkan  pantauan ketersediaan lokasi hotspot yang bekerja sama, partner Google untuk program WiFi Passport saat ini adalah CBN dan AccessNet. Akibatnya akses Internet di tempat-tempat tersebut, yang bertanda CBN Hotspot misalnya, tidak lagi gratis tapi kita bisa berharap akses berbayar ini membuatnya lebih handal dan lebih kencang. Seharusnya kondisinya seperti itu.

Semua smartphone dan tablet Android yang menggunakan setidaknya OS 2.2 (Froyo) bisa menginstalasi aplikasi WiFi Passport. Dibutuhkan pula akun Google untuk menggunakannya. Konsumen kemudian bisa mengisi ulang kebutuhan Internetnya menggunakan voucher MOGPLAY, di mana kebutuhan berinternet selama 20 hari hanya membutuhkan biaya Rp 20 ribu saja. Untuk waktu yang lebih panjang, pengguna bisa memilih voucher Rp 50 ribu yang bisa digunakan selama 50 hari. Voucher MOGPLAY bisa dibeli di berbagai jaringan partner Indomog.

Kuota yang diberikan per harinya adalah 3GB atau 7GB untuk satu minggu dan 10GB untuk satu bulan. Dengan kuota tersebut, pengguna dapat dengan bebas mengakses berbagai konten video, musik atau dokumen apapun. Setiap sesi koneksi adalah 24 jam dan setiap kali sesi habis, konsumen cukup mengklik tombol koneksi untuk memulai sesi baru.

Eksklusivitas untuk platform Android kemungkinan besar untuk mendorong platform besutan Google ini bersaing dengan BlackBerry untuk menjadi platform smartphone paling populer di Indonesia. Dengan pertumbuhan yang luar biasa dalam dua tahun terakhir, bukan hal mustahil jika di tahun 2014 depan kepemilikan Android di negeri ini sudah bisa mengalahkan jumlah pengguna BlackBerry.

Saat ini akses WiFi Passport tersedia 78 hotspot di Jakarta, 9 di Tangerang, dua di Depok dan satu di Cikarang (kampus ITSB Cikarang). Informasi lengkap bisa dilihat di peta ini atau di aplikasi melalui menu Settings: WiFi Passport hotspots. Jika program ini sukses, semoga saja jangkauannya bisa diperluas ke berbagai penyedia layanan Internet di berbagai kota di Indonesia.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again