1. Lifestyle

Google Segera Hentikan Dukungan Gmail untuk Chrome di XP dan Vista

Pengguna XP dan Vista akan dialihkan ke versi “basic HTML”, yang lebih rentan akan serangan malware

Sama seperti aplikasi pada ponsel, aplikasi di komputer juga seringkali memberikan notifikasi agar segera diperbarui. Pembaruan pada aplikasi sangat penting karena berfungsi untuk memperbaiki masalah yang ada pada aplikasi bersangkutan, atau memberikan fitur baru yang dirasa penting dan diperlukan pengguna.

Sayangnya, pembaruan tidak hanya tergantung dari aplikasi, tetapi juga dari sistem operasi perangkat. Jika sistem operasi dirasa sudah terlalu tua, maka pembaruan biasanya tidak lagi dapat diterapkan karena pengembang sudah tidak merilis dukungan untuk sistem operasi tersebut. Hal inilah yang segera terjadi pada peramban Google Chrome khususnya bagi pengguna Windows XP dan Vista.

Saat ini, Chrome telah mencapai versi 55. Tetapi para pengguna XP dan Vista hanya menerima pembaruan hingga versi 49 menyusul keputusan Microsoft untuk tidak lagi memberikan dukungan untuk OS lawas. Hal semacam ini bagi kebanyakan orang awam bukanlah masalah yang besar. Namun bagi para pengguna yang aktif menggunakan layanan Gmail, pembaruan dari XP dan Vista ke OS yang lebih baru sebaiknya segera dilakukan.

Gmail dipastikan bakal mengalami pembaruan yang dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan pengguna. Karena itu, para pengguna Google Chrome versi 53 atau yang lebih lawas dianjurkan untuk segera memperbarui ke versi 55.

Karena pembaruan ini, pengguna Chrome di Windows XP dan Vista nantinya akan tetap bisa mengakses Gmail, tetapi di sekitar pertengahan Bulan Desember mendatang, mereka akan dialihkan ke versi “basic HTML”, di mana versi ini lebih rentan akan serangan malware dan semacamnya.

Sumber berita Google Suite Updates dan gambar header pcmag.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again