10 June 2013

by wiku

Google Semakin Dekat Untuk Beli Waze?

Another day, another rumor. Kini kabar akuisisi Waze oleh Google kembali muncul. Setelah dikabarkan berminat untuk membeli layanan crowdsource lalu lintas ini, rumor kembali menguat dengan harga pembelian sebesar 1.3 miliar USD.

Sebuah media asal Israel, Globes, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya bahwa Google akan membeli Waze setelah berbagai rumor termasuk ketertarikan Facebook untuk melakukan akuisisi.

Waze sendiri adalah startup asal Israel, jadi sumber lokal ini bisa saja benar dan dalam beberapa waktu ke depan kita akan mendapatkan rilis atau konfirmasi resmi dari Google atau Waze.

Masih dari media yang sama, sebelumnya dikabarkan bahwa Facebook telah datang ke Israel untuk membicarakan akuisisi, namun gagal dikarenakan harga yang tidak cocok serta tidak diizinkannya karyawan Waze untuk tetap tinggal di Israel setelah akuisisi.

Namun demikian, dikabarkan bahwa Google tidak masalah dengan karyawan yang tetap ada di kota asal Waze jika akuisisi terjadi, sehingga pembelian oleh Google lebih mungkin terjadi. Google pernah membeli dua stratup asal Israel dan memiliki kantor di sana.

Waze sendiri, sejak diluncurkan tahun 2009, telah memiliki 50 juta pengguna. Layanan ini membantu untuk menginformasikan lalu lintas dengan peran penggunanya sendiri, dimana mereka bisa melaporkan secara langsung kondisi lalu lintas sehingga informasi bisa real time. Pengguna pun bisa 'berjejaring' dan melihat bagaimana aktivitas laporan lalu lintas pengguna lain, termasuk memberikan komentar atau membalas 'status' lalu lintas.

Baik Waze dan Google tidak memberikan komentar resmi. Jadi kita tunggu perkembangan rumor ini, apakah akan menjadi kenyataan atau tidak.