1. Startup

Google Shared Space: Bekerja Dengan Citarasa Google Wave

Anda salah satu orang yang menyukai Google Wave? Atau Anda ingin menggunakan berbagai fitur kolaborasi yang ada di Google Wave, tetapi dalam bentuk yang lebih sederhana?

Google Wave memang sudah tamat dan hanya akan tersedia sampai akhir tahun ini saja, namun bagi Anda yang menyukai berbagai gadget yang tersedia di Google Wave, Anda bisa menggunakan berbagai gadget yang sebelumnya bisa dinikmati di Google Wave dalam sebuah layanan yang tersedia di Google Labs yaitu Google Shared Space.

Google Shared Space ini mengijinkan para pengguna untuk membuat sebuah 'ruang' dimana dalam 'ruang' ini pengguna bisa melakukan kolaborasi kerja menggunakan gadget yang didalamnya juga tersedia fasilitas chat. Gadget yang ada di Google Shared Space didasarkan pada teknologi yang juga terdapat pada gadget yang sebelumnya tersedia di Google Wave.

Setidaknya ada 50 gadget dari beberapa kategori seperti gadget untuk permainan, gadget yang mendukung produktivitas atau untuk perencanaan event. Cara menggunakannya juga cukup mudah, setelah masuk ke halaman Google Shared Space, klik gadget yang ingin digunakan, setelah itu akan muncul tab baru dimana Anda bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di gadget tersebut.

Untuk melakukan kerja kolaborasi, pengguna bisa membagikan URL lewat email atau fasilitas lain seperti Twitter atau Google Buzz. Akan ada fasilitas chat juga pada bagian bawah untuk memudahkan jika Anda ingin bekerja kolaborasi atau mendiskusikan hal tertentu dengan relasi Anda atau ketika memainkan game yang teredia di Google Shared Space bersama-sama dengan teman.

Pada saat awal mencoba fasilitas yang ada di Google Shared Space, sering terjadi error termasuk alamat untuk mengakses Shared Space, beberapa gadget juga tidak bisa dibuka, namun setelah mencoba berulang kali, baik tautan ke halaman Google Shared Space maupun gadget kini telah lebih lancar diakses. Tautan juga sepertinya tidak akan hilang sampai Anda menghapus secara manua space yang telah Anda buat.

Ada beberapa fasilitas yang saya sukai yang terdapat di Google Wave, selain fitur kolaborasi, fasilitas lainnya adalah gadget, meski tampilan Google Shared Space kurang menarik, setidaknya jika dibandingkan dengan Google Wave, namun kemudahan yang ditawarkannya, baik itu untuk membuat 'ruang' kerja atau permainan, serta teknologi gadget yang sama seperti yang dimiliki Google Wave bisa menjadi pilihan sebagai alat 'sederhana' untuk melakukan kerja kolaborasi.

Via: ReadWriteWeb dan slide dari GoogleBlogSystem.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again