1. Startup

Google Siap-siap Akuisisi Jambool

Sepertinya kita akan terus melihat perkembangan Google di dunia sosial, social games, serta 'perlawanan' mereka atas Facebook, setelah sebelumnya mereka mengumumkan secara resmi akuisisi atas Slide kini, seperti yang dituliskan TechCrunch, Google kembali dikabarkan akan membeli perusahaan lain yaitu Jambool.

Jambool yang merupakan perusahaan yang didirikan oleh veteran dari Amazon, Vikas Gupta dan Reza Hussein ini dikenal dengan produk buatan mereka Social Gold, yang merupakan platform ekonomi virtual untuk social games . Meski belum ada tanggapan resmi dari pihak Google serta Jambool, namun sumber terpercaya yang dekat dengan TechCrunch menyebutkan bahwa Jambool akan dibeli seharga $55 juta ditambah dengan $15 juta - $20 juta dari earnout.

Jika rencana pembelian oleh Google ini benar terjadi, maka bukan hanya memberi gambaran tambahan akan strategi sosial Google tetapi juga memberi gambaran perang antara Google dengan Facebook yang telah miliki Facebook Credits sebagai alat pembayaran virtual mereka. Apakah Jambool akan mengembangkan alat pembayaran virtual bagi Google yang akan ditambahkan di layanan Google Checkout atau mungkin untuk Google Me, layanan yang belum ada tapi sudah tenar. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Namun disisi lain, CEO dan co-founder Jambool Vikas Gupta menjadi salah satu orang yang  mengkritik kebijakan yang ada di Facebook Credits, salah satunya karena pungutan yang diambil Facebook sebesar 30% yang dianggap terlalu besar, apakah ini peluang yang ingin diambil Google?

Akuisisi memang salah satu jalan yang bisa ditempuh Google untuk mengejar Facebook, baik dibidang sosial atau game, memang Google juga punya sejarah buruk dengan akuisisi, tetapi akuisisi, baik itu perusahaan, produk, layanan ataupun tim adalah salah satu pilihan yang, bisa jadi mau tidak mau dipilih Google, setidaknya untuk bisa menambahkan 'jiwa' sosial pada perusahaan mereka.

Kita tunggu rilis keterangan resmi dari Google atau Jambool tentang kabar akuisisi ini, sehingga kita bisa melihat perkembangan atau strategi apa yang akan Google lakukan dengan Social Gold.

Sumber: TechCrunch, VentureBeat, InsideSocialGames.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again