Berita

Empat Kota Besar di Indonesia Hadir di Rangkaian Gambar Google Street View

Sebuah fitur populer layanan Google Maps, Street View, secara resmi telah merilis rangkaian foto pertama mereka di Indonesia hari ini (21/8). Rangkaian foto panoramik tersebut dapat diakses masyarakat Indonesia maupun turis mancanegara untuk menjelajahi empat kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Denpasar.

Tidak hanyak itu, Street View juga menyajikan gambar bawah laut Taman Nasional Komodo secara virtual bekerja sama dengan Catlin Seaview Survey. Langkah yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif ini mengizinkan masyarakat untuk mengakses foto-foto tersebut melalui Google Maps dan Google Views.

Pemandangan 360 derajat sejajar jalan di tempat-tempat umum diharapkan memudahkan masyarakat untuk lebih mengenal Indonesia dan meningkatkan kemungkinan menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Fitur Street View sendiri telah tersedia di 57 negara dan inisiasi pengambilan data Street View di kota-kota Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2012 lalu.

“Indonesia, rumah dari beberapa pusat bisnis yang sedang berkembang di Asia Tenggara, adalah negara yang selalu berubah. Kami berharap rangkaian gambar Street View yang kami luncurkan hari ini dapat membantu memudahkan orang-orang  di seluruh dunia untuk menemukan dan menjelajahi Indonesia, sekaligus menarik lebih banyak wisatawan dan investasi,” ucap Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy dalam rilis persnya.

Pengguna Google Maps dapat mengakses rangkaian gambar yang tersedia dengan melakukan zoom hingga level terendah. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggeser ikon “Pegman” berwarna oranye pada sisi kiri peta ke jalan berwarna biru. Pengguna Google Maps versi terbaru dapat mencari destinasi lokal dan untuk tempat-tempat yang sudah tersedia, rangkaian gambar Street View bisa dilihat dari korsel gambar di bagian bawah layar.

Dalam acara peluncuran Street View di Indonesi hari ini, Rudy Ramawy dan Head of Product Management Google Southeast Asia Andrew McGlinchey menyebutkan bahwa 90% area kota-kota tersebut sudah di-cover oleh Street View di saat peluncurannya. Mereka juga menyatakan komitmen untuk mencoba merealisasikan Street View di seluruh pelosok Indonesia, meskipun tidak ada target khusus tentang kapan ekspansi tersebut selesaikan dilakukan.

Tidak hanya jalanan, kini kita dapat ‘menyelam’ ke bawah laut untuk menikmati indahnya hamparan terumbu karang, ikan pari manta, dan keanekaragaman hayati lainnya yang hidup di perairan Taman Nasional Komodo yang juga dinobatkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut. Demi mendapatkan foto dengan kualitas yang baik, Google memercayakan tim The Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera 360 derajat panorama SVII untuk melakukan pengambilan gambar. Google menggandeng tim The Catlin Seaview Survey yang dianggap telah berhasil mendokumentasikan banyak situs bawah laut di seluruh dunia.

Fitur Street View memberikan banyak kesempatan baru bagi para pengguna, baik secara pribadi maupun perusahaan. Pengguna dapat melihat kegiatan dan kebiasaan lokal atau kota-kota yang belum familiar dan menjelajahi lebih jauh kota mereka sendiri. Bagi perusahaan, mereka berkesempatan memasang rangkaian gambar Street View langsung ke dalam situs mereka agar konsumen dapat mencari tahu lebih jauh mengenai usaha mereka. Hotel-hotel misalnya, dapat menojolkan suasana lingkungan dan sisi-sisi gedungnya untuk memudahkan calon konsumennya menentukan pilihan.

[foto: Dok. DailySocial]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter