Categories

Berita

Google Umumkan Android Versi Terbaru Dengan Nama KitKat

Avi Tejo Bhaskoro - 5 September 2013

Apa yang ada di benak Anda pertama kali ketika mendengar kata “KitKat”? Jika Anda mengenalinya sebagai sebuah produk biskuit coklat renyah, tentu jawaban Anda benar 100%. Tetapi, kabar yang satu ini mungkin akan mengubah persepsi Anda kedepannya tentang biskuit tersebut. Ya, kata “KitKat” saat ini tidak hanya milik biskuit berbungkus kertas merah semata, melainkan juga sebuah nama dari update terbaru sistem operasi Android yaitu Android 4.4 “KitKat”. Kedengaran seperti bercanda? Tidak, saya serius.

Di saat pemakai perangkat smartphone dan tablet Android sedang gemar-gemarnya menikmati rangkaian fitur atraktif yang disediakan oleh Jelly Bean 4.3, tersiar kabar bahwa Google tampaknya sudah bosan mengunyah jeli warna warni tersebut. Rumornya yang sebelumnya beredar, Google dikabarkan tengah mempersiapkan “menu makanan” baru yang bernama Key Lime Pie dan diberi kode 5.0. Namun siapa sangka, seperti layaknya anak kecil yang bosan makan menu makanan rumah, Google kali ini mencoba untuk “jajan” di luar rumah, dan siapa sangka pula kali ini yang Google beli adalah biskuit KitKat!

Adalah sistem operasi Android terbaru versi 4.4 yang diberi nama “KitKat”. Sistem operasi ini sudah dikonfirmasi secara resmi oleh Google melalui Sundar Pichai selaku SVP Google untuk Android dan Chrome. Dilansir dari laman The Verge (3/9) pagi tadi, Sundar Pichai mengumumkan hal tersebut kepada dunia dan menyatakan update terbaru dari Android kali ini mengusung nama KitKat. Terdengar aneh tak seperti biasanya tapi memang inilah yang terjadi.

Mengusung nama KitKat berarti berurusan pula dengan nama sang pemegang merek resmi, Nestle. Dikabarkan, Google sejatinya memang telah bekerjasama secara bisnis dengan produsen produk F&B asal Swiss tersebut dengan menyematkan nama salah satu produknya ke dalam sistem operasi terbaru dari “si robot hijau”. Berkaitan dengan kerjasama, tentu mengundang rasa penasaran berapa nilai taksiran kerjasama dari kedua perusahaan yang berjalan di industri yang berbeda tersebut?

Sesuai dengan pemberitaan BBC, nilai kerjasama antar kedua perusahaan ini sarat dengan rahasia, namun dilaporkan pihak Nestle sendiri kabarnya juga mendompleng karakter robot hijau Android di setiap bungkus dari KitKat yang ditargetkan akan terjual lebih dari 50 juta chocolate bars.

Sampai berita ini diturunkan, baik dari fitur, fungsi, dan segala macamnya dari Android versi 4.4 KitKat ini belum secara resmi diperkenalkan oleh Google, namun jika saatnya tiba, Google menjanjikan sebuah pengalaman yang benar-benar baru bagi pengguna Android dengan hadirnya versi 4.4 ini. Setidaknya itulah yang disampaikan oleh Sundar Pichai kepada situs The Verge, “Ini merupakan tujuan kami menghadirkan pengalaman terbaik menggunakan Android bagi siapa saja dengan Android KitKat,” ujarnya.

Untuk semarakkan kehadiran versi Android terbaru ini, baik Google maupun Nestle saat ini bersama-sama melakukan berbagai pengenalan yang tentu membuat “biskuit Android” ini semakin penasaran untuk dicicipi. Mulai dari Google yang secara resmi telah mendirikan patung Android berbentuk bar cokelat KitKat di depan gedung markasnya, hingga Nestle yang menghadirkan sayembara berhadiah device tablet Nexus 7 dan Google Play Credit di setiap kemasan KitKat bergambar robot Android.

Walaupun Google sampai saat ini belum juga mengumumkan kapan tanggalan pastinya mengenai kehadiran versi terbaru tersebut, tentu yang kita harapkan adalah pengembangan sistem operasi Android yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, apalagi dengan kabar terakhir yang menyebutkan sistem operasi Android dikenal sebagai sistem operasi yang rentan terhadap serangan malware, tentu hal ini juga menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan oleh Google mengingat akan segera merilis versi terbarunya tersebut. Apakah nantinya Google KitKat akan serenyah dan selezat biskuitnya? Kita tunggu saja kehadiran resminya nanti yang konon kabarnya juga akan berbarengan dengan kehadiran device terbaru, Nexus 5.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter