6 November 2013

by Iqbal Farabi

Google Rilis Helpouts, Marketplace untuk Jasa Bantuan Melalui Live Video

Pada bulan Juli lalu kami sempat mengulas mengenai Helpouts yang saat itu masih dalam tahap uji internal. Melalui blog resminya, baru-baru ini Google akhirnya merilis Helpouts untuk publik.

Secara sederhana Helpouts merupakan sebuah layanan markeplace untuk menjual jasa bantuan melalui live video. Penyedia jasa bisa menetapkan tarif berdasarkan sesi yang disebut dengan istilah "per Helpout" atau berdasarkan waktu per menit. Saat tulisan ini dibuat terdapat delapan kategori jasa yang sudah tersedia di Helpouts: seni dan musik, komputer dan elektronik, memasak, karir dan pendidikan, fashion dan kecantikan, fitness dan nutrisi, kesehatan, serta urusan rumah tangga dan berkebun. Google menjanjikan bahwa mereka akan terus menambah kategori-kategori jasa lain yang bisa ditawarkan melalui Helpouts.

Jasa bantuan yang paling lazim dan mudah dilakukan adalah tutorial yang dilakukan secara online melalui live video. Selain itu, Google sendiri menyatakan bahwa pembeli dan penyedia jasa bisa berinteraksi lebih dari sekedar bercakap-cakap melalui video saja. Google memberi contoh aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan dengan Helpouts seperti berbagi tampilan layar (screen sharing), kolaborasi mengedit dokumen, atau bahkan merekam sesi Helpout.

Dengan contoh-contoh tadi, sangat terlihat upaya Google untuk melibatkan Helpouts dengan layanan-layanan lain yang sudah dimilikinya. Misalnya saja dari tiga contoh tadi, screen sharing dan merekam sesi Helpout bisa dilakukan dengan layanan Google+, sementara kolaborasi mengedit dokumen dengan aplikasi-aplikasi Google Docs.

Berdasarkan pengamatan pribadi, model yang digunakan Helpouts sudah cukup berhasil di satu niche market: dunia pemrograman. Saya sendiri sampai hari ini masih berlangganan akun premium untuk mengakses tutorial-tutorial pemrograman yang disediakan di situs RailsCasts.

Pertanyanyaannya, apakah model serupa bisa berhasil untuk kategori-kategori jasa yang saat ini disediakan oleh Helpouts? Jika berterima dengan baik di masyarakat, dalam pandangan saya, Helpouts akan membawa perubahan besar dan menumbuhkan berbagai peluang bisnis baru.

[youtube id="K-VFC9AQM1k" width="620" height="360"]