30 April 2015

by Glenn Kaonang

GoPro Siap Ramaikan Ranah Virtual Reality

Membaca judul di atas, Anda mungkin berpikiran GoPro akan meluncurkan VR (virtual reality) headset-nya sendiri. Di masa yang akan datang, hal ini mungkin saja terjadi. Namun untuk sekarang, GoPro bermisi menyediakan konten VR bagi pemilik perangkat seperti Google Cardboard, Samsung Gear VR, maupun Oculus Rift setelah dipasarkan ke publik nantinya.

Produsen action cam paling populer itu akan mengakuisisi startup asal Perancis, Kolor. Kolor merupakan tim developer yang meracik software untuk menggabungkan sejumlah foto maupun video menjadi konten visual 360 derajat yang sangat ideal untuk teknologi VR.

Sebelum ini, GoPro sendiri sudah memasarkan aksesori khusus yang bisa menampung sejumlah kamera GoPro sekaligus. Digabungkan dengan kecanggihan software besutan Kolor, maka video yang dihasilkan akan sangat berbeda dari video-video aksi ekstrem biasanya.

Info menarik: Action Cam VSN Mobil V.360 Tawarkan Perekaman Video Panorama 360 Derajat

Untuk mendemonstrasikannya, GoPro pun merilis video pendek berjudul “Land, Air and Sea” dalam resolusi 4K. Anda tidak memerlukan sebuah VR headset untuk bisa menikmatinya, cukup unduh aplikasi Kolor Eyes 360º Video Player di Android atau iOS, lalu saksikan betapa immersive-nya konten yang bisa disajikan perkawinan GoPro dan Kolor ini.

Di perangkat desktop, Anda bisa menikmatinya menggunakan browser Google Chrome. Seiring berjalannya video, Anda bisa menggerak-gerakkan tampilan video menggunakan mouse seperti yang biasa Anda lakukan ketika mengakses Google Street View.

Namun video tersebut akan tampak sangat menakjubkan jika Anda menontonnya melalui perangkat VR seperti Google Cardboard. GoPro pun menegaskan bahwa video semacam ini ke depannya juga akan tersedia untuk platform VR lain seperti Oculus Rift maupun Samsung Gear VR.

Info menarik: Valve dan HTC Coba Dominasi Virtual Reality Dengan Vive

CEO Kolor, Alexandre Jenny, cukup optimis dengan kerja sama ini. “Saat sofware media spherical terbaik digabungkan dengan alat perekam paling serba bisa di dunia, yang menjadi batas hanyalah imajinasi kita sendiri,” ucapnya di rilis resmi.

Sekarang bayangkan ada seorang skydiver yang merekam aksinya secara 360 derajat seperti ini, lalu Anda menontonnya menggunakan Google Cardboard. Secara tidak langsung Anda pun bisa merasakan bagaimana serunya terjun dari dalam pesawat yang terbang di ketinggian ribuan meter.

Video-video yang diambil dari sudut pandang pertama seperti yang banyak kita jumpai sekarang bisa dibuat jauh lebih immersive lagi berkat perpaduan teknologi milik GoPro dan Kolor. Dan yang tak kalah penting, pemilik VR headset tidak akan kehabisan konten untuk menghibur dirinya.

Sumber: GoPro via Wareable. Gambar header: GoPro.