22 December 2017

by Lukman Azis

GPD WIN 2, 'PC Gaming' Dalam Genggaman

Diklaim bisa buat main game sekelas AAA dengan lancar.

PC gaming memang cenderung membutuhkan budget dan ukuran besar, apalagi jika Anda berharap bisa main game AAA dengan lancar. Perusahaan asal Tiongkok bernama Game Pad Digital (GPD) punya pendapatnya sendiri, menurutnya ukuran perangkat PC Gaming harus bisa lebih kecil dan punya harga terjangkau.

Atas dasar itu, mereka mengembangkan perangkat gaming berbasis sistem operasi Windows 10 yang portabel. Disebutnya GPD WIN 2, yang diklaim dapat memainkan game AAA dengan cukup lancar.

GPD WIN 2 mengambil bentuk seperti laptop, tapi dengan layar sentuh 6 inci resolusi layar HD 1280x720 piksel. Dilengkapi keyboard fisik, dengan kontroler gamepad, dua 3D joystick, dan dual-vibration motor.

Bagian intinya mengandalkan CPU dari Intel Atom x7 Kaby Lake, m3-7Y30 processor dengan Intel HD Graphics 615, dan disokong RAM 4GB atau 8GB (LPDDR3).

Kapasitas baterainya 2×4.900 mAh yang diklaim bisa bertahan untuk bermain game secara intens selama 6 jam. Dilengkapi juga PD 2.0 fast charge yang bisa mengisi ulang dari baterai nol hingga penuh dalam kurun waktu 45 menit.

Rencananya GPD WIN 2 akan tersedia dalam program crowdfunding, belum diungkap tanggal pastinya. Harganya kemungkinan akan ada dikisaran US$699 atau Rp9,9 juta, dan harga lebih murah tersedia bagi mereka yang berpartisipasi dalam program crowdfunding.

Sumber: Slashgear.