1. Startup

Grab Akuisisi Platform Reservasi Restoran Chope

Chope memiliki basis bisnis dan pengguna di Indonesia, dengan pasar utama di Jakarta dan Bali

Grab mengumumkan akuisisinya terhadap platform reservasi restoran Chope. Berita ini  pertama kali dipublikasikan The Business Times, merujuk pada email internal yang dibagikan perusahaan kepada stakeholder pada Senin (22/7).

Seperti diketahui, Chope saat ini beroperasi di sejumlah pasar kunci Grab, seperti Indonesia, Singapura, dan Thailand. Sebelumnya Grab memang tengah memperluas cakupan layanannya dengan memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembelian voucherdine-in di restoran lewat GrabFood Dine-in. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan value added layanan digital mereka kepada para merchant.

Bisnis Chope di Indonesia

Meski sudah hadir sejak 2018 di tanah air, Chope baru fokus di dua pasar utama mereka yakni Jakarta dan Bali. Mereka menawarkan sejumlah layanan melalui aplikasinya, yakni direktori restoran, voucher dan informasi diskon, dan fitur reward untuk loyalty.

Berdasarkan wawancara yang kami lakukan pada pertengahan 2023 bersama General Manager Chope Indonesia Karthik Shetty, perusahaan telah menjalin kerja sama dengan 1800+ restoran dan 120 ribu pengguna di Jakarta dan Bali. Operasional mereka di sini telah didukung 50+ anggota tim.

Terdapat beberapa model bisnis yang diaplikasikan Chope kepada mitra restoran mereka. Untuk sistem reservasi Chope memiliki dua opsi, online reservation dan table management system. Untuk kedua produk tersebut perusahaan kenakan biaya berlangganan per bulan kepada restoran.

Kemudian untuk setiap online reservation yang dilakukan dari semua platform Chope, mereka mengenakan commission fee dari setiap pelanggan yang datang ke restoran. Namun jika pelanggan melakukan reservasi langsung ke website atau media sosial restoran, Chope tidak mengenakan biaya kepada mereka.

Model bisnis perusahaan lainnya adalah melalui penjualan deals. Yaitu setiap ada pelanggan yang membeli deals di platform Chope, akan dikenakan biaya, serupa dengan yang dilancarkan oleh layanan e-commerce kepada mitra merchant mereka.

Revenue terakhir yang didapatkan oleh Chope kepada restoran adalah melalui Paid Marketing Services. Meskipun Chope menawarkan layanan tersebut secara gratis, namun bagi restoran yang ingin melakukan kegiatan pemasaran atau promosi lebih, Chope akan mengenakan biaya untuk layanan tersebut.

Chope menawarkan data analytics kepada mitra restoran mereka. Perusahaan juga mencatat sebanyak 70% reservasi restoran paling banyak dilakukan di aplikasi Chope dan sisanya di mobile browser hingga desktop.

Pemain serupa

Sebelumnya ada sejumlah platform serupa yang telah beroperasi di Indonesia. Zomato dari India adalah salah satunya, namun memutuskan untuk menutup bisnis mereka di Indonesia. Pemain lokal pun ada yang turut andil di sini, termasuk PergiKuliner.

Sementara Qraved yang awalnya fokus kepada reservasi restoran online, kini hanya bermain di ranah listing saja dan memosisikan platform mereka sebagai aplikasi gaya hidup. Founder Qraved kini juga mengembangkan YOBO sebagai platform loyalitas untuk berbagai macam bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again