1. Entrepreneur

Grab, Emtek dan BukaLapak Gelar Program #KotaMasaDepan, Bidik UMKM di Kota-kota Kecil

Juga salurkan bantuan modal usaha ke 100 UMKM di daerah

Dimulai sejak tahun 2021 silam, program #KotaMasaDepan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan) yang digalang oleh Grab, Emtek dan BukaLapak konsisten mendorong pemberdayaan pelaku UMKM lewat pendampingan dan pendanaan. Di tahun 2023 ini, gerakan ini kembali digelar yang fokus pada UMKM di kota-kota tier 2 dan 3 dengan menambah program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dan bimbingan dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dalam rilis pers yang diterima oleh Dailysocial NeoSME, Neneng Goenadi selaku Country Managing Director, Grab Indonesia mengatakan, "Kami yakin akan kemampuan luar biasa dari kota-kota kecil di Indonesia. #KotaMasaDepan adalah dedikasi jangka panjang kami bersama Emtek dan Bukalapak. Kami terus mengoptimalisasi setiap kegiatan dalam program #KotaMasaDepan agar sesuai dengan keperluan UMKM. Dengan demikian, usaha lokal dapat tumbuh tidak hanya dari penguasaan ekonomi digital dan akses pasar yang lebih besar tanpa perlu pindah, tapi juga memberikan kontribusi pada ekonomi lokal."

Materi pelatihan untuk pengembangan usaha yang diberikan ke pelaku UMKM di #KotaMasaDepan Tahap 3 meliputi konten kreatif, pemanfaatan media sosial, manajemen penjualan di platform online, strategi pemasaran digital melalui Grab dan Bukalapak, edukasi tentang sertifikasi halal baik offline maupun online, serta sosialisasi pembuatan dan pendaftaran NIB.

Sedangkan untuk penyaluran modal, bentuknya berupa perlengkapan operasional yang nantinya akan disalurkan melalui situs penggalangan dana sosial, BenihBaik. Sedikitnya 100 UMKM yang terlibat dalam Kota Masa Depan 2023 akan menerima modal ini, dengan seleksi berdasarkan potensi keberlanjutan bisnis jangka panjang.

Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, berkolaborasi dengan Kementerian Investasi serta Kementerian Koperasi dan UKM.

"Kami percaya bahwa media memainkan peran kunci dalam mewujudkan digitalisasi UMKM yang cepat, mulai dari sosialisasi program onboarding sampai platform digital yang memberi kesempatan kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk berkontribusi dan berinteraksi dengan rekan-rekan UMKM serta mentor. Dengan dukungan platform media dari Emtek, kami berharap ini dapat merangsang perkembangan UMKM, mendorong kesadaran mereka untuk memaksimalkan potensi platform digital dalam bisnis mereka," kata Sutanto Hartono, Managing Director, Emtek.

Bagi Grab sendiri, ini bukan program pertama yang menyasar UMKM. Sebelumnya, bersama OVO mereka juga menggelar Hajatan UMKM 2023, dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI. Acara ini diadakan sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasi dan kontribusi UMKM yang berada di bawah platform Grab dan Ovo. Acara ini tidak sekadar memperlihatkan bazar dan pameran UMKM, namun juga menyuguhkan pertunjukan seni, area bermain untuk keluarga, dan sesi aktivitas olahraga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again