1. Startup

Grab Segera Gulirkan Layanan Remitansi Pada Awal Tahun 2019

Belum ada keterangan resmi untuk kehadiran di Indonesia

Grab, melalui unit Grab Financial, siap membawa layanan fintech terbaru bergerak di bidang pengiriman uang antar negara atau remitansi pada awal tahun depan. Produk ini diklaim pertama kalinya hadir di Asia Tenggara sebagai dompet pengiriman uang antar negara.

Dampak lainnya, secara signifikan mengurangi gesekan pembayaran tunai untuk perjalanan wisata dan bisnis antar negara di Asia Tenggara. Belanja di situs e-commerce pun akan semakin lintas batas.

"Kami percaya produk remitansi ini akan jadi game-changer untuk jutaan orang yang unbanked atau underserved di Asia Tenggara. Grab Financial berada di posisi yang unik untuk merampingkan proses pengiriman uang ke orang yang Anda cintai dan mempercepat inklusi keuangan di wilayah ini," terang Managing Director Senior Grab Financial Reuben Lai dalam keterangan resmi.

Bicara potensi bisnis, pasar remitansi Asia Tenggara diperkirakan mencapai US$70 miliar pada tahun lalu. Pasar ini didominasi oleh MTO dan lembaga keuangan, namun banyak pekerja asing yang rentan secara ekonomi bergantung pada agen MTO yang tidak berlisensi.

Grab menilai industri ini masih menderita struktur harga yang buram, mahal, dan operasi pengiriman yang tidak efisien yang menghasilkan pengalaman konsumen kurang optimal dan potensi dana hilang yang tak terhitung jumlahnya.

Dari hasil tersebut, Reuben menyebut Grab ingin menyelesaikan isu tersebut, seperti mengeleminasi proses verifikasi cukup secara online, memastikan dana sampai di penerima yang bersangkutan, kepastian biaya transfer, dan dana bisa digunakan langsung digunakan tanpa harus dicairkan terlebih dahulu.

Pengguna dapat mengirim uang secara instan dan aman ke penerima di negara lain dengan e-wallet GrabPay. Opsi ini dinilai berbeda dengan selama ini yang ada di pasar.

Reuben menjelaskan penerima dapat memilih untuk mencairkan dana yang diterima melalui jaringan cash out point atau menggunakannya untuk transaksi sehari-hari, seperti pembayaran tagihan sampai isi pulsa langsung dalam aplikasi Grab.

Untuk biaya transfer, pengguna mendapat transparansi dan visibilitas yang lengkap terhadap seluruh biaya, termasuk biaya forex dan administasi sebelum transfer dana.

Grab menjamin penerima dana tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun untuk setiap dana yang masuk ke akun GrabPay. Kelebihan ini dinilai tidak hadir dalam layanan remitansi yang ada sebelumnya (MTO/Money Transfer Operator).

Terkait kehadiran layanan ini di Indonesia, DailySocial mencoba untuk menghubungi perwakilan Grab. Juru bicara Grab menolak untuk memberikan pernyataan lebih jauh.

"Kami akan meluncurkan produk pengiriman uang pada awal 2019, dimulai dengan jalur transaksi pengiriman uang antar negara terbesar di Asia Tenggara, di mana terdapat jumlah besar pekerja yang rentan secara ekonomi. Kami akan menawarkan mereka cara yang transparan, aman, dan cepat untuk mengirimkan pendapatan mereka kepada keluarga mereka."

Grab menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah di Asia Tenggara tentang inisiatif ini, yang tergabung dalam ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Di Indonesia, kota yang tergabung sebagai anggota ASCN adalah DKI Jakarta, Banyuwangi, dan Makassar.

Saat ini Grab telah beroperasi di 8 negara di kawasan Asia Tenggara dengan total kehadiran di lebih dari 500 kota.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again