Categories

Berita

Grab Gelar Thinkubator Conference dan Startup Competition

Fokus mencetak talenta digital Indonesia, didukung lima Kementerian dan Badan Pemerintahan

Yenny Yusra - 29 March 2019

Upaya Grab mencetak startup berkualitas di Indonesia ditunjukkan dengan peluncuran Thinkubator Conference dan Startup Competition. Didukung lima Kementerian dan Badan Pemerintahan (Kemenko Maritim, KSP, Kemkominfo, BKPM, dan Bekraf), Thinkubator berupaya meningkatkan inovasi dan pengembangan bakat teknologi informasi di Indonesia, termasuk di sektor logistik atau transportasi, pertanian atau lingkungan, pendidikan, dan kesehatan.

Sebanyak 1165 startup disebut telah mendaftar dalam program ini dengan tim yang tidak hanya berasal dari kota-kota besar, tetapi juga dari wilayah Timur Indonesia dan berbagai provinsi lainnya. Dari jumlah tersebut, 150 startup telah terpilih dan bergabung dalam konferensi, workshop, dan sesi networking. 75 finalis berasal dari luar Jabodetabek, 17 berasal dari luar Jawa, dan 35 tim memiliki co-founder perempuan.

Nantinya enam finalis akan dipilih untuk pitching ide bisnis mereka di depan panel yang terdiri dari William Tanuwijaya (Tokopedia), Friderica Widyasari Dewi (Direktur Eksekutif KSEI) dan Chairul Tanjung (Chairman CT Corp). Para finalis Thinkubator akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dengan total Rp3 miliar, termasuk akses ke Microsoft Azure untuk mengembangkan bisnis mereka.

President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, “Kami sangat bangga untuk menghadirkan program Thinkubator yang pertama di Indonesia. Program ini menjadi bukti kolaborasi kuat kami dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan startup dan teknologi di Indonesia.”

“Kami sangat senang dapat melihat banyak startup yang membawa misi sosial, yang sejalan dengan perjalanan Grab di Indonesia untuk juga membantu berbagai isu sosial. Kami berharap dapat menemukan startup Indonesia selanjutnya yang akan menyandang status decacorn,” lanjutnya.

Batch kedua Grab Ventures Velocity

Setelah mengumumkan lima startup terpilih batch pertama yang berhak mengikuti program selama 16 minggu dalam program Velocity — akselerator startup Asia Tenggara yang diinisiasi Grab Ventures — Grab Ventures Velocity (GVV) kembali membuka pendaftaran untuk batch kedua. GVV, program yang khusus bertujuan untuk mendukung startup yang sedang berkembang lebih lanjut (scale up) dan berstatus post seed, menawarkan platform untuk menguji dan mengomersialkan solusi peserta dengan basis pelanggan Grab.

Tiga dari lima alumnus batch pertama adalah startup Indonesia atau memiliki bisnis di Indonesia yaitu Sejasa, Minutes, dan BookMyShow. Dua startup lainnya adalah Tueetor dan Helpling dari Singapura. Lima startup terpilih akan mendapatkan mitra dan akses secara regional. Grab juga mendukung pertumbuhan startup terpilih dalam bentuk kegiatan pemasaran.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter