1. Startup

gramfeed: Penjelajah foto Instagram

Anda penggemar foto-foto unik hasil edit melalui aplikasi populer di platform iOS, Instagram? Satu hal yang cukup sulit dilakukan di luar iPhone Anda adalah melihat-lihat foto teman Anda ataupun orang lain melalui komputer, yang juga sama-sama menggunakan Instagram, karena memang Instagram dibuat hanya untuk diakses via ponsel dan bersifat jaringan sosial. Setelah Instagram API resmi dibuka, ada satu layanan yang menjembatani kebutuhan ini bernama gramfeed.

gramfeed merupakan penjelajah foto-foto Instagram via komputer. Anda dapat melihat foto apa yang sedang populer di ranah Instagram, tanpa perlu login atau punya akun di Instagram terlebih dahulu. Dengan login menggunakan otentikasi Instagram, Anda bisa mengakses jepretan Anda dan teman-teman yang ada di jaringan sosial Anda dan memberikan komentar untuk foto yang menarik.

Sayang sekali, saya mengalami "masalah" saat mencoba otentikasi login-nya. Saat mencoba login dengan akun saya sendiri, anehnya saya malah terkoneksi dengan akun orang lain. Saat logout dan mencoba login lagi, sebelum saya memasukkan informasi akun ternyata saya sudah terkoneksi dengan akun saya tersebut. Lebih parah lagi, ternyata benar-benar tidak bisa logout. Entah permasalahan di sisi Instagram atau gramfeed karena saat otentikasi tentunya gramfeed sudah meminta ijin untuk meng-invoke akses akun yang kita miliki. Saya sarankan untuk tidak mencobai otentikasi tersebut untuk sementara waktu jika Anda menggunakan komputer umum, tapi jika di komputer/laptop pribadi tentu tidak menjadi masalah besar.

gramfeed dibuat oleh Rakshith Krishnappa yang menurut profil Twitter-nya saat ini juga bekerja untuk Intel. Sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi tentang pengembang lokal yang membuat prototipe menggunakan API Instagram. Per Februari ini Instagram telah memiliki lebih dari dua juta pengguna, terhitung sejak dibuka awal Oktober 2010, atau dalam waktu empat bulan saja. Perkembangan pengguna aplikasi Instagram sangat cepat. Seratus ribu pengguna dalam kurang dari satu minggu peluncuran, dan sejuta pengguna waktu dua bulan. Semua itu dicapai hanya dengan aplikasi berbasis iOS saja, tidak ada versi Android atau versi BlackBerry, tidak pula tersedia versi web-nya. Instagram menyediakan sarana jaringan sosial dengan fitur photo editing yang cukup memuaskan.

[sumber via TheNextWeb]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again