1. Startup

Groupon Rombak Tampilan Situs dan Memperbarui Aplikasi Mobile

Groupon, pionir layanan daily deals asal Amerika Serikat ini, baru saja merombak besar-besaran tampilan situsnya dan juga mengembangkan fitur baru bagi aplikasi mobile miliknya. Langkah Groupon ini digagas untuk memberikan pengalaman terbaru bagi seluruh pengguna dengan fitur serta fungsi baru yang menyempurnakan pencarian deals terbaik di dalamnya. Seperti apa Groupon dengan “wajah baru” ini?

Dilansir oleh situs The Next Web pada hari Jumat (1/11), tampilan website dari Groupon memberikan pengalaman yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Selain tentunya menghadirkan tampilan grafis yang baru, perombakan tampilan website Groupon juga membawa sejumlah fitur khusus yang diklaim memberikan pengalaman personalisasi bagi seluruh pengguna. Fitur-fitur baru tersebut antara lain: Homepage pengguna yang dapat di-personalisasi, pembaruan search bar yang disempurnakan, hasil pencarian yang dioptimalisasi dengan saran terkait, serta pembaruan filter pencarian yang tentu akan menambah pencarian deals dari Groupon akan semakin lengkap dan optimal.

Perombakan tampilan dari Groupon ini sendiri dianggap sebagai perubahan besar yang membawa Groupon ke tingkat yang lebih baik lagi dari sebelumnya, seperti yang diberitakan oleh situs USA Today. Perombakan tampilan Groupon merupakan suatu langkah besar semenjak Eric Lefkofsky menjadi CEO baru menggantikan Andrew Mason yang dipecat beberapa waktu lalu. Mason harus meninggalkan perusahaan yang dibangunnya karena terbukti gagal membawa Groupon menjadi perusahaan yang sehat bahkan setelah Groupon menjadi perusahaan terbuka yang terdaftar di Wall Street.

“Website (Groupon) yang baru adalah langkah besar pertama kami dalam menciptakan sebuah produk yang dirancang dan dibangun sesuai dengan konsep marketplace. Kita perlu secara fundamental menggeser perilaku customer dan bagaimana mereka melihat layanan dari Groupon secara utuh,” ujar Lefkofsky sesuai dengan pemberitaan USA Today.

Langkah transformasi yang juga digagas oleh Lefkofsky ini nyatanya memang bertujuan untuk membuat penggunanya di seluruh dunia dapat mencari deals terbaik secara mudah dan cepat. Langkah pembaruan tersebut ia sendiri meyakini akan mendorong lebih banyak pengguna dalam memanfaatkan fasilitas dan layanan yang digagas oleh Groupon. “Di masa lalu, mereka (customer) harus membuka e-mail terlebih dahulu untuk memperoleh informasi penawaran serta deals dari kami, sekarang dengan pembaruan ini, kami ingin para customer untuk mengecek website Groupon terlebih dahulu ketika ingin mencari deals yang diinginkan,” tambahnya.

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, selain perombakan besar-besaran terhadap situsnya, Groupon juga secara bersamaan melakukan pembaruan versi bagi aplikasi mobile yang tersedia untuk iOS dan juga Android. Sama seperti versi website, pembaruan aplikasi mobile Groupon ini juga ditujukan untuk memberikan pengalaman serta kenyamanan lebih yang ditawarkan Groupon dalam menyelami deals dari produk-produk favorit pengguna.

Pembaruan tersebut antara lain: Ditingkatkannya User Experience dalam pengoperasian aplikasi Groupon seperti perubahan tata letak search bar serupa dengan versi website-nya, fitur Local Explorer yang memberikan informasi tentang lokasi local deals sesuai lokasi pengguna, serta fitur “Favorite” dari sejumlah deals yang tentu bertujuan untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan secara cepat. Fitur Favorite saat ini hanya tersedia pada aplikasi Groupon versi iPad.

Dengan tampilan website yang ditambahkan dengan fitur baru serta versi baru aplikasi mobile Groupon diharapkan akan “menyelamatkan” nama Groupon yang telah terpuruk dan meningkatkan kepercayaan para calon merchant untuk bergabung dengan Groupon yang tengah berbenah diri.

Untuk Groupon Indonesia, pembaruan ini sayangnya belum terlihat dan belum ada kepastian dari pihak Groupon Indonesia kapan akan mengikuti perubahan tampilan situs yang telah dilakukan untuk pasar Amerika Serikat. Begitu pula untuk aplikasi mobile Groupon yang sampai sekarang masih belum tersedia secara resmi dari Gorupon Indonesia. Langkah terbaru Groupon Indonesia adalah mengadakan kerjasama dengan Bank Mandiri untuk menggunakan layanan e-money.

Tampaknya walaupun Groupon merupakan perusahaan yang lahir berkat Internet dan masyarakat Indonesia sudah mengenal Internet dengan baik, terutama dalam penggunaan mobile, Groupon Indonesia masih termasuk perusahaan yang belum terlalu memeluk dunia mobile.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again