Categories

Opini

Grupay, Pemain Baru Untuk Layanan Daily-Deals

Wiku Baskoro - 21 September 2010

Sudah ada sekitar 5 pemain sejenis di layanan daily-deals, kupon, diskon atau penawaran voucher, layanan tersebut antara lain: AdaDiskon, Disdus, OgahRugi, Dealkeren,dan Fanesia, kini muncul Grupay. Untuk Fanesia, sayangnya, sampai sekarang layanan daily-deals ini belum juga dirilis, padahal seharusnya layanan ini sudah rilis sejak beberapa waktu yang lalu.

Layanan Grupay, seperti juga layanan yang lain, akan memberikan fasilitas diskon dan untuk para pengguna mereka. Seperti yang dikutip dari situs mereka, Grupay memanfaatkan kekuatan media sosial online untuk membuat kesepakatan yang tersedia, yang pada akhirnya menguntungkan dua belah pihak, konsumen dan penyedia layanan yang memberikan diskon.

Grupay akan memberikan tawaran diskon setiap hari, transaksi akan berjalan ketika jumlah minimun orang telah memilih/membeli kupon tertentu, untuk sistem referral, Grupay juga memberikan 'fee' sebesar Rp. 50.000 untuk mereka yang bisa mengajak 3 teman untuk mendaftar. Untuk merchant, Grupay tidak akan menarik biaya dimuka serta meminta komisi yang tidak besar dari daily-deals yang berhasil dijual, juga terdapat fasilitas update untuk para pengguna BlackBerry.

Grupay menjadi menarik, bagi saya, bukan karena layanan me-tooa la Groupon yang memberikan diskon atau daily-deals pada konsumen mereka, tetapi perusahaan yang ada dibelakang Grupay, yaitu Mobafone.

Mobafone merupakan perusahaan asal Jerman yang berdiri sejak tahun 2001, ditahun 2003 mengubah strategi mereka dan meluaskan pangsa pasar ke Thailand dan Indonesia. ditahun 2003 mengubah strategi mereka dan meluaskan pangsa pasar ke Asia Tenggara, di tahun 2004 membuka joint venture di Thailand dan diakhir tahun 2004 melebarkan sayap mereka di Indonesia.

Apa yang ditawarkan oleh Mobafone, dari situs resmi mereka dijelaskan bahwa Mobafone mengembangkan aplikasi dan solusi atas konten mobile yang akan menciptakan nilai atas relasi yang berkelanjutan antara perusahaan dengan terget konsumen mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa Grupay bisa jadi punya dasar (pengalaman) yang lebih dari sisi mobile serta pemasaran online untuk mendukung kinerja Grupay, meski ini pun harus tetap diuji dengan perkembangan layanan mereka dikemudian hari. Namun sepertinya layanan Grupay ini belum rilis secara penuh, dari situs Grupay.com, bisa dilihat beberapa fitur belum berjalan, meski kalau melihat keterangan layanan diskon yang sudah pernah terjadi ada dua penawaran diskon yang telah berjalan.

Untuk pengalaman, memang layanan lain juga ada yang didukung oleh pengalaman tertentu di bisnis daliy-deals, seperti yang pernah dituliskan oleh DailySocial, layanan Dealkeren dimiliki oleh orang-orang yang juga telah bersaing di area bisnis ini di Asia dan Eropa, yang berarti mereka telah memiliki pengalaman tentang layanan daily-deals.

Setiap pangsa pasar memang memiliki keunikan sendiri-sendiri, di satu sisi kemunculan layanan sejenis ini bisa menjadi salah satu indikator tentang pertumbuhan bisnis berbasis sosial, e-commerce dan internet, apalagi sampai 'mengundang' berberapa perusahaan global untuk membuka layanannya di Indonesia dan melayani pengguna lokal.

Namun di sisi lain perkembangan ini juga harus disikapi dengan strategi yang tepat, penawaran yang diberikan berbagai aplikasi daily-deals, diskon atau pemberi voucher ini hampir serupa kalau tidak mau dibilang sama, belum ada kesan unik yang benar-benar unik untuk memberikan efek diferensiasi dengan layanan serupa, diskon atau kupon yang ada juga masih bermain di kategori merchant yang sama pula, seperti kafe, tempat makan dan layanan kecantikan. Akan sangat menarik sebetulnya jika layanan yang bermain di area ini memberi penawaran ekslusif dan unik dan tidak dimiliki oleh pesaing yang lain.

Sayangnya, saya tidak menemukan keterangan tentang apakah layanan mereka ini sudah berjalan secara luas atau belum, karena beberapa kali saya mencoba untuk mencari diskon, tetapi tidak berhasil, beberapa halaman di situsnya pun masih belum lengkap, dan untuk masalah bahasa, versi berbahasa Indonesia Grupay sepertinya hanya merupakan terjemahan langsung dari situs dengan versi bahasa Inggris, ada beberapa kalimat yang kurang pas. Salah satu kekurangan non teknis, yang bagi saya berdampak cukup besar, mengingat pengalaman yang dipunyai oleh perusahaan dibelakang Grupay.

Kita lihat perkembangan selanjutnya, baik untuk layanan Grupay serta yang berkaitan tentang tingkat persaingan antara layanan sejenis, DailySocial juga mendengar bahwa, minimal ada satu lagi layanan sejenis yang akan muncul dalam waktu dekat, yang berarti persaingan di area bisnis ini akan semakin bertambah.

Anda punya pendapat tentang konsep dari Grupay serta tingkat persaingan yang mungkin akan terjadi?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter