Berita

Guvera Songsong 2015 dengan Branded Channels Sebagai Andalan

Layanan streaming musik Guvera memberikan sejumlah informasi tentang kegiatannya selama 10 bulan di Indonesia dan bagaimana mereka mempersiapkan diri di tahun 2015. Fokus mereka adalah monetisasi terhadap pengguna gratis Guvera Play dengan memperkenalkan sistem native ads Branded Channels. Guvera juga mempermudah sistem pembayaran dengan kemampuan pembelian paket berbayar melalui transfer antar rekening bank.

Seperti diungkapkan oleh Dian Nur Farida dan Onny Robert, sepanjang 2014 ini Guvera telah memiliki 700 ribu pengguna terdaftar, dengan mayoritas berjenis kelamin laki-laki. Untuk platform, 80% pengguna Guvera mengakses melalui platform Android, 16% melalui iOS, dan 4% sisanya melalui desktop dan platform mobile lainnya. Guvera menyebutkan 85% penggunanya berusia di bawah 35 tahun dan saat ini mereka telah bekerja sama dengan lebih dari 30 label lokal dan 10 label internasional.

Terkait kerja sama globalnya dengan Lenovo, Guvera yang saat ini sudah tersedia di 20 negara menyebutkan kehadirannya secara pre-installed di perangkat Lenovo membantu mereka untuk berekspansi dan menargetkan kehadiran di 100 negara dalam waktu 24 bulan ke depan. Di Indonesia sendiri Guvera telah berpartner dengan XL Axiata untuk bundling paket XL Guvera Music Express dan HotRod Music yang lebih murah ketimbang paket Platinum reguler. Dengan bantuan Tapp Commerce, Guvera mengimplementasikan mobile connect untuk memudahkan otentikasi nomor XL saat menggunakan Guvera.

Masih dalam kemitraan dengan Tapp Commerce, Guvera memperkenalkan kemudahan pembelian paket berbayar dengan skema transfer via ATM. Skema ini diuji coba saat Hari Belanja Online Nasional (1212) kemarin dan akan diperluas implementasinya tahun depan.

Meskipun Guvera mencoba memperbanyak dan mempermudah cara pembelian Guvera Platinum, mereka menyadari bahwa lebih banyak penikmat layanan streaming yang lebih memilih mendengarkan secara gratis. Meskipun mereka tidak menyebutkan secara pasti berapa banyak di antara pengguna Guvera Indonesia yang berlangganan, kira-kira secara umum sekitar 95% adalah penikmat musik gratis. Padahal setiap pemutaran musik berarti pembayaran royalti untuk penyanyi dan perusahaan label. Untuk itu Guvera memperkenalkan Branded Channels.

Branded Channels ada sistem native ads yang memungkinkan sebuah brand berpromosi layaknya sebuah konten di dalam Guvera. Mereka berusaha menampilkan integrasi yang seamless, sehingga pengalaman mendengarkan musik tidak akan terganggu ketika pengguna mengakses konten Branded Channels. Melalui skema ini, Brand tersebut akan memiliki profil, playlist tersendiri, menu ke Web Store, beberapa landing page yang diinginkan. Secara UX, pengaksesannya mengenkapsulasi kegiatan browsing di dalam Guvera. Brodo menjadi brand pertama yang berpromosi di Branded Channels Guvera Indonesia.

Skema Branded Channels melengkapi skema periklanan yang dihadirkan oleh Guvera. Sebelumnya mereka telah menerapkan banner ads dan audio ads untuk pengakses Guvera Play.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter