Categories

Berita

Guvera Sediakan Jalur Pembayaran Potong Pulsa Dengan Codapay

Avi Tejo Bhaskoro - 18 July 2014

Melengkapi daftar jalur pembayaran yang dimilikinya, layanan streaming musik Guvera Indonesia yang baru saja meluncurkan Guvera #Play, kini telah bermitra dengan Codapay untuk mewujudkan metode pembayaran dengan cara potong pulsa. Codapay secara resmi telah menjadi jalur pembayaran kelima untuk layanan yang berpusat di Australia ini.

Sebelumnya pelanggan Guvera Platinum (layanan premium Guvera) bisa membayar langganan melalui kartu kredit, Doku Wallet, carrier billing XL, dan bahkan secara offline menggunakan voucher. Tata cara berlangganan Guvera kini semakin disederhanakan melalui sistem carrier billing yang diusung Codapay. Codapay membantu pengguna Guvera, dengan operator seluler selain XL, untuk memanfaatkan fitur potong pulsa sebagai alat pembayarannya

“Codapay kini menjadi mitra terbaru payment gateway kami yang ditujukan untuk kemudahan pengguna menikmati layanan premium Guvera. Pengguna hanya tinggal memasukkan nomor ponsel di halaman berlangganan Guvera, maka pembayaran dengan potong pulsa sudah selesai dilakukan,” jelas Dian Nur Farida, Marketing Director Guvera Indonesia kepada DailySocial.

Dian lebih lanjut menjelaskan bahwa proses pembayaran dengan Codapay bisa dilakukan baik melalui akses Guvera di aplikasi mobile maupun situs Guvera Indonesia. “Prosesnya sangat singkat, pengguna aplikasi mobile Guvera tentu akan merasa semakin mudah menikmati layanan Guvera terlebih pembayarannya bisa langsung dilakukan di ponsel mereka sendiri, ini tentu merupakan kemudahan yang diharapkan pengguna,” tambahnya.

Sejalan dengan layanan pembayaran lain, harga berlangganan Guvera Platinum ada dikenakan tambahan jika menggunakan jalur Codapay.

Sebagai gambaran, saya mencoba untuk berlangganan Guvera Platinum paket monthly pass seharga Rp 55.000. Ketika saya mengarahkan pembayaran melalui Codapay, saya diharuskan untuk membayar biaya berlangganan monthly pass yang menjadi sebesar Rp 75.000. Hal ini mungkin berkaitan dengan kewajiban fee services yang ditarik pihak Codapay sebagai penyedia layanan. Besaran kenaikan harga bervariasi antara paket premium lain, mulai dari  Rp 5.000 sampai sebesar Rp 50.000.

Jika dilihat dari sisi kemudahan, mestinya hal ini tidak menjadi masalah, hanya saja pengguna membutuhkan minimal saldo pulsa diatas Rp 75.000 untuk bisa menikmati Guvera Platinum selama satu bulan. Perlu diketahui, untuk Guvera Platinum paket lain seperti 6 month pass dan 12 month pass, pembayaran Codapay belum tersedia untuk saat ini.

Sebagai sosok pengambil keputusan dalam kebutuhan pemasaran Guvera Indonesia, Dian berharap dari implementasi pembayaran potong pulsa yang diterapkan Guvera ini bisa menjadi salah satu cara apik untuk upaya edukasi pasar akan layanan akses streaming musik resmi yang mudah serta terjangkau. Ia mengungkap, salah satu tantangan Guvera memasuki pasar Indonesia adalah bagaimana cara mengedukasi sebagian besar pasar yang masih mengonsumsi lagu secara gratis sekaligus ilegal.

“Dari kemudahan membayar, saya harap Guvera bisa menjadi pemicu bagi pendengar musik Indonesia untuk bisa mengonsumsi lagu secara legal, kan kita semua tahu bahwa isu pembajakan masih menjadi masalah bagi industri musik Indonesia, menurut saya langkah ini bisa menjadi langkah awal baru yang positif bagi dunia musik Indonesia,” tandasnya.

Terlepas dari hal tersebut, kemitraannya dengan Codapay jelas menjadikan Guvera menjadi satu-satunya penyedia layanan streaming musik yang menerapkan sistem pembayaran potong pulsa. Penyedia layanan streaming musik lain seperti Deezer, Rdio, dan Nokia Mix Radio untuk saat ini belum ada satu pun yang menerapkan hal tersebut. Langkah ini tentu sangat baik bagi Guvera untuk memajukan bisnisnya di Indonesia sekaligus memuluskan harapannya untuk membuat pasar musik Indonesia bisa terbiasa kembali menikmati karya musik secara legal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter