1. Startup

Guvera #Play Tawarkan Akses Jutaan Musik Legal Secara Gratis Dengan Sisipan Iklan

Demi menjawab kebutuhan pendengar akan layanan musik gratis, salah satu penyedia layanan streaming musik asal Australia, Guvera, kemarin secara resmi memperkenalkan fitur terbaru yang disebut dengan Guvera #Play. Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna untuk menikmati alunan jutaan lagu legal tanpa batas dan tanpa berbayar. Jangan heran jika di dalamnya Anda akan menemukan berbagai sisipan iklan sebagai model bisnisnya.

Diresmikan di markas Guvera Indonesia di bilangan Senopati, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/7) kemarin, Guvera #Play merupakan jawaban sebagian besar keinginan pengguna yang ingin menikmati akses musik gratis. Seperti yang diungkapkan oleh Dian Nur Farida selaku Marketing Director Guvera Indonesia, setelah enam bulan dirilis di Indonesia dengan layanan berbayar Guvera Platinum, nyatanya sebagian besar pendengar di Indonesia sangat menginginkan akses musik gratis. Untuk itu Guvera #Play diluncurkan.

“Kami sempat melakukan survei dan ternyata sebagian besar pengguna kami menginginkan musik gratis. Nah, inilah yang kami jawab dengan Guvera #Play. Secara keseluruhan sama persis menawarkan layanan unlimited music, namun bedanya ada iklan di dalamnya untuk menopang kebutuhan bisnis kami dan kewajiban royalti, sambil terus memberikan layanan musik gratis kepada pengguna,” ungkap Dian di sela-sela acara peluncuran.

Dian menambahkan, bentuk iklan di dalam Guvera #Play dibagi menjadi tiga macam, yakni model iklan display ad, audio, dan video. Untuk bentuk audio dan video, materi iklan akan disisipkan setiap perpindahan track lagu. “Pengalaman menggunakan Guvera #Play kurang lebih akan mirip seperti mendengarkan stasiun radio seperti biasa,” kata Dian. Untuk menjaring pengiklan, pihak Guvera Indonesia mengklaim telah menjalin kerja sama dengan beberapa agensi media seperti Starcom dan Mindshare.

Fungsi Guvera #Play memang selayaknya layanan radio, di mana pengguna bisa mendengarkan jutaan musik tanpa batas dengan pilihan lagu yang dikurasi oleh tim music director Guvera. Jika dalam Guvera Platinum pengguna bisa bebas mendengarkan lagu berbasis pencarian dan bisa dikumpulkan dalam playlist, maka dalam Guvera #Play pengguna hanya bisa mendengarkan lagu yang berada dalam katalog musik yang dikumpulkan dalam format #tags (hashtag).

Katalog musik yang dikumpulkan dalam format hashtag memungkinkan pengguna untuk memilih kumpulan lagu yang bisa dikategorikan berdasarkan genre, artis, event, dan bahkan suasana hati. Contohnya begini, jika pengguna memilih pilihan tag #90’s, maka Guvera #PLAY secara otomatis akan memainkan set list musik yang tentu berkaitan dengan musik-musik di tahun 90-an.

Layanan streaming radio semacam Guvera #Play saat ini di pasar Indonesia juga bisa ditemukan dalam layanan streaming lain, seperti misalnya pada Deezer dengan Deezer Flow, Rdio, iTunes Radio (khusus pemakai Apple ID akun AS), hingga layanan Nokia Mix Radio. Untuk pemain lokal, Ohdio juga merupakan layanan yang serupa.

Jutaan lagu yang tersedia Guvera bisa dinikmati dalam bentuk web app maupun aplikasi mobile-nya yang kini tersedia di Android, iOS, dan Windows Phone.

[Foto: Dok. DailySocial]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again