Categories

Social Media

GWI: Pengguna Aktif Tumblr Tumbuh 120%, Kalahkan Instagram dan Pinterest

Bambang Winarso - 26 November 2014

Bicara jejaring sosial rasanya sulit untuk menyingkirkan Facebook dari daftar situs paling populer di jagat raya. Tapi dalam data lansiran Global Web Index terdapat catatan menarik, Tumblr menjadi bintang dengan pertumbuhan pengguna aktif mencapai 120% mengalahkan sekian banyak jejaring sosial seperti Instagram, Pinterest dan termasuk Facebook.

Dalam laporan terbarunya tersebut, Global Web Index membuat daftar jejaring sosial dengan pertumbuhan paling cepat selama 6 bulan terakhir. Tumblr tercatat membubuhkan prestasi paling cemerlang, jejaring sosial milik Yahoo ini berhasil menjaring pengguna baru sebesar 45% dan pengguna aktif pun tercatat meningkat 120%.

Angka ini menjadi prestasi paling sempurna Tumblr semenjak laporan Global Web Index awal tahun dimana Tumblr hanya mengalami pertumbahan pengguna aktif sebesar 6% saja.

 

Info Menarik: Rayakan Capaian 10 Miliar Unduhan, Xiaomi Rilis Toko Aplikasi Internasional

 

Prestasi ini lebih dari cukup bagi Tumblr untuk mengklaim posisi pertama, menggeser Instagram yang turun di posisi ketiga dengan pertumbuhan pengguna baru sebanyak 36% dan pengguna aktif 64%. Bahkan Instagram masih kalah dari Pinterest yang naik ke posisi kedua berkat pertambahan pengguna baru sebanyak 57% dan pengguna aktif mencapai 111%.

screen-shot-2014-11-25-at-16-57-16

Sementara itu Facebook, sang penguasa jejaring sosial duduk di posisi terakhir dengan pertumbahan pengguna baru dan aktif masing-masing 6% dan 2%.

Namun angka ini masih dianggap positif dan merupakan prestasi tersendiri mengingat dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1,35 miliar, Facebook sudah mendekati titik klimaks dimana seharusnya pertumbuhan pengguna baru dan aktif mereka cenderung stagnan.

Riset yang digelar oleh GWI ini melibatkan 170.000 pengguna yang kemudian diketahui pula pola-pola penggunaan jejaring sosial oleh mereka. GWI mencatat bahwa 4 dari 5 pengguna internet di Tiongkok mempunyai akun Facebook. Di Amerika Latin jauh lebih tinggi dimana 93% responden mengaku mempunyai akun Facebook.

 

Info Menarik: Toko Fisik OnePlus di Beijing Siap Dibuka Untuk Publik Bulan Desember

 

Facebook Lebih Sering Diakses Daripada Jejaring Sosial Lain

Meskipun Tumblr dan Pinterest sukses menempati posisi pertama sebagai jejaring sosial paling cepat berkembang. Tapi bila bicara seberapa sering akses pengguna, Facebook masih jadi rajanya. Dari seluruh responen di atas, sebagian besar mengaku mengakses Facebook lebih dari sekali dalam sehari.

Masih dominan atas Twitter, YouTube, Tumblr dan Pinterest. Ironisnya Tumblr justru sangat jarang dikunjungi walaupun pertumbuhan penggunanya sangat mengesankan.

screen-shot-2014-11-25-at-17-38-48

Sumber berita TechCrunch dan gambar header Marketingfacts.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id