1. Startup

Hackathon Finhacks 2016 Resmi Dimulai

180 developer, 59 tim bertarung untuk memperebutkan posisi juara hackathon Finhacks 2016 by BCA

Pagi hari yang indah, cerah, dan cuaca yang sempurna menyambut Sabtu pagi di Ancol, secara hangat menyambut para peserta Finhacks 2016 yang akan bernaung di kafe Segarra selama akhir pekan dari 23-24 April 2016 untuk membawa ide-ide mereka menjadi nyata.

Setelah beberapa bulan persiapan, acara hari pertama perhelatan acara hackathon fintech, Finhacks 2016, dimulai dengan kedatangan 180  developers dari berbagai penjuru Indonesia ke Segarra, Ancol. Para peserta ini telah datang dari kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Palembang, Pontianak, Semarang, Malang, Bekasi dan berbagai kota lain di Indonesia.

Para developer yang terpilih, mewakili 59 tim tiba di lokasi sejak pagi diperlengkapi dengan persenjataan teknologi mereka beserta amunisi ide dan semangat untuk menjadi pemenang di ajang hackathon fintech paling bergengsi di Indonesia.

Sambutan dari para leadership Bank Central Asia (BCA) dan DailySocial selaku tuan rumah kian menambah semangat para peserta, dan mimpi untuk mendapatkan posisi juara Finhacks 2016 makin membara. Tidak hanya uang tunai, gadget-gadget luar biasa-pun menunggu untuk bisa bertemu dan bersatu dengan sang juara terpilih.

Tidak lama setelah acara pembukaan dan sambutan, tim DailySocial diwakili Rahmat Harlyadi sempat memamerkan hadiah-hadiah yang telah disiapkan untuk para juara Finhacks. Oculus Rift DK2, drone DJI Phantom 3 dan GoPro Hero 4 Black Edition menyapa para peserta yang menatap penuh harap untuk bisa memilikinya, namun tidak sebelum mereka bisa mengalahkan 58 tim lainnya yang juga sama bersemangatnya.

Tidak butuh lama setelah acara pembukaan selesai, ke-180 developer ini langsung mendedikasikan diri mereka ke tim untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai ide, konsep dan eksekusi selama 24 jam ke depan. Semua dengan tujuan yang sama: menjadi pemenang Finhacks 2016.

Cuaca di Segarra, Ancol di hari pertama Finhacks berlangsung sempurna hingga malam hari. Pengalaman coding ditemani hembusan angin pantai memang menjadi salah satu daya tarik Finhacks 2016, hampir semua developer yang terpilih mengaku tertarik untuk mendaftar karena ingin mendapatkan pengalaman coding di pinggir pantai.

Faktor lain yang menjadi faktor krusial keikutsertaan mereka, adalah ingin membuka jalur interaksi antara developer dengan BCA selaku empunya platform API yang menjadi dasar dari Finhacks 2016. Memang, belum banyak bank sebesar BCA -bahkan di skala Asia- yang berani membuka diri terhadap developer untuk bisa turut membangun ekosistem industri finansial.

Semangat keterbukaan inilah yang akhirnya membuat ekosistem developer juga bereaksi secara positif terhadap program Finhacks, terbukti dengan 460 ide yang datang dari ribuan developer dari seluruh Indonesia. Dan pihak BCA juga terus berkomitmen untuk membantu developer yang terlibat Finhacks dengan menyediakan tim teknis yang juga turut menghabiskan malam dan berdiskusi dengan para developer, membantu mengatasi masalah yang dihadapi, sembari juga belajar mengenai kebutuhan dari para developer.

Sepanjang malam, tiada henti pemandangan para developer yang terus sibuk bergulat dengan keyboard laptopnya, terkadang berbincang dengan rekan satu timnya, tak jarang juga terlihat frustasi ketika terhalang isu teknis. Ditemani kopi, snack, Red-Bull dan apapun yang bisa membuat mereka tetap fokus, 180 developer ini terus berjuang untuk mewujudkan aplikasi mereka menjadi nyata, sambil sesekali berjalan di pinggir pantai untuk menghilangkan penat, mencari inspirasi.

Matahari terbit, disambut beberapa developer yang memang sudah menanti kedatangannya di pinggir pantai sambil memangku laptop. Hari yang baru telah dimulai, dan dengan deadline kurang dari 3 jam, sekarang lah waktunya untuk mempercepat proses penyelesaian pengembangan aplikasi mereka.

It's now or never.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again