1. DScovery

Hackathon: Pengertian, Kegiatan, dan Contohnya

Hackathon merupakan kompetisi pemrograman yang diselenggarakan dalam beberapa hari. Kompetisi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tertarik dengan IT.

Baru-baru ini, istilah "hackathon" mulai populer, terutama di kalangan mereka yang tertarik untuk membangun startup. Apakah kamu juga tertarik dengan apa sebenarnya hackathon itu?

Lalu pertanyaanya bagaimana bisa bergabung dan bagaimana prosesnya? Jadi apakah akan ada hackathon di Indonesia? Nah, semua pertanyaan tersebut akan terjawab dalam artikel yang sudah disiapkan untuk kamu. Jadi ayo, baca sampai habis dan simak baik-baik, ya!

Pengertian Hackathon

Menurut Hackathon.com, hackathon mengacu pada acara di mana para ahli berkumpul untuk menciptakan upaya kolaboratif untuk memecahkan masalah spesifik yang muncul. Biasanya, hackathon berputar di sekitar pemrograman komputer dan IT. Namun, sementara itu, banyak industri lain yang mengikuti, misalnya hackathon keuangan, musik, dan lainnya.

Kata hackathon sendiri terdiri dari gabungan dua kata yaitu “hack” dan “marathon”. Untuk dapat berbicara tentang hackathon, itu adalah maraton bagi para peretas. Namun, dalam hal ini adalah tentang programmer komputer eksploratif.

Kegiatan Hackathon

Kegiatan Hackathon tidak selalu terlihat persis sama. Hal ini tergantung dari penyelenggara acara tersebut. Namun menurut Ionos, ada beberapa kegiatan yang biasanya sama dari hackathon ke hackathon.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang biasanya terjadi di hackathon:

1. Pembukaan

Semua hackathon biasanya dibuka oleh penyelenggara acara. Saat pembukaan, penyelenggara menjelaskan fitur-fitur utama acara tersebut. Biasanya topik hackathon diumumkan. Selain itu, agenda dan jadwal juga dijelaskan dengan jelas.

2. Kelas atau Workshop

Jadi sebelum dimulainya main project dan main event hackathon, biasanya ada kursus atau workshop untuk para peserta. Dalam kursus atau workshop ini kamu akan mengenal topik hackathon dengan mentor berpengalaman.

3. Pitching

Dalam konteks ini, peserta hackathon dihimbau untuk mengirimkan atau mengajukan ide project yang sesuai dengan tema hackathon saat ini.

4. Team Building

Di hackathon, tim biasanya dibentuk secara spontan di tempat. Itu berarti kamu bekerja dengan orang yang tidak kamu kenal sebelumnya. Tentu saja, sulit mewujudkan sebuah proyek besar tanpa kerjasama tim yang baik. Oleh karena itu, rangkaian acara hackathon juga menyertakan kursus team building.

5. Pengerjaan proyek

Sekarang setelah tim berkumpul dan semua anggota lebih mengenal satu sama lain, kegiatan utama hackathon dapat dimulai. Tim menghasilkan ide, mengembangkan strategi, dan mencoba mengimplementasikan proyek yang disepakati bersama.

6. Istirahat

Tentunya kita tidak bisa bekerja terus menerus tanpa makan dan tidur. Itu sebabnya perlu juga meluangkan waktu untuk istirahat. Biasanya, penyelenggara hackathon menyediakan snack dan makanan sehat bagi para peserta. Bahkan, akomodasi semalam sering ditawarkan, terutama untuk acara multi-hari.

7. Presentasi

Setelah hasil yang diharapkan diterima, saatnya para peserta hackathon mempresentasikan proyek mereka. Dalam presentasi ini, peserta harus mampu mendemonstrasikan bagaimana ide-idenya dapat memecahkan suatu masalah atau masalah dan meyakinkan dewan juri bahwa konsepnya bagus.

8. Award Ceremony

Acara ini akan mengumumkan pemenang dan memberikan hadiah. Acara hackathon dapat memiliki satu atau lebih pemenang yang diberikan hadiah.

Contoh Hackathon di Indonesia

Techconnect Hackathon 2022 (Universitas Brawijaya)

Pada Maret 2022, Universitas Brawijaya bekerja sama dengan Nanovest Indonesia menyelenggarakan Techconnect Hackathon 2022, sebuah pasar investasi untuk jual beli saham dan aset kripto.

Acara ini dibagi menjadi dua kategori: "Bug Bounty" dan "Innovation Your Way!". Program "Bug Bounty" adalah program yang mencari bug di aplikasi investasi dan crypto milik Nanovest. Sementara "Berita dalam perjalanan!" adalah program yang menunjukkan inovasi yang dapat Anda tawarkan kepada Nanovest. Topik program ini adalah "Bagaimana UI/UX dapat meningkatkan platform investasi". Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 100+++ juta.

BNI Hackathon Festival 2021

Di tengah pandemi Covid-19 2021, Bank Negara Indonesia menggandeng startup Singo Edan Malang (STASION) menyelenggarakan BNI Hackathon Festival 2021. Acara ini diselenggarakan secara virtual untuk mempromosikan talenta digital di Indonesia dan khususnya di Malang. Tujuannya untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia.

Dalam hackathon ini, para peserta berkompetisi untuk membuat aplikasi atau program dengan kategori sebagai berikut:

  • kota yang cerdas
  • teknologi kesehatan
  • permainan
  • solusi keuangan
  • pertanian
  • Marketing ads

Para peserta yang mengikuti hackathon ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar hingga pekerja lepas hingga startup profesional. Juara 1 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 30.000.000, Juara 2 akan mendapatkan Rp 20.000.000 dan Juara 3 akan mendapatkan Rp 10.000.000.

Indonesia Maju Hackfast 2020

Komunitas Flutter Indonesia bekerja sama dengan Google Developers menyelenggarakan hackathon online di Indonesia pada Agustus 2020. Acara ini diselenggarakan untuk mempertemukan para developer dan inovator terbaik di Indonesia. Pelajar, pakar, dan peminat teknologi didorong untuk menghadiri Indonesia Maju Hackfest 2020 untuk menciptakan solusi positif menggunakan teknologi Google.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga minggu dan hanya terfokus pada tiga bidang, yaitu:

dalam pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Juara pertama mendapatkan $500, juara kedua $350 dan juara ketiga $150.

Itulah penjelasan tentang apa arti Hackathon dan juga contoh cara kerjanya. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again