1. Startup

Hackerspace Surabaya: Share - Work - Play

Tidak hanya Bandung, kini Surabaya juga memiliki hackerspace, perkenalkan Hackerspace Surabaya atau yang akan kita singkat menjadi HackerspaceSBY. Dengan konsep sebagai kantor bersama, HackerspaceSBY juga menjadi tempat mengembangkan dan berbagi kreativitas dari para anggotanya.

Seperti juga yang dijelaskan oleh Santoso Putra sebagai salah seorang penggagas HackerspaceSBY, tempat yang menjadi sebuah ruang kreatif ini juga diperuntukkan sebagai tempat untuk saling berbagi dan mengembangkan usaha bagi para anggotanya.

HackerspaceSBY berawal dari obrolan dari teman-teman suWec (Surabaya Web Community) dan Mohammad Zulkarnaian tentang hackerspace yang ada di Bandung dan tentang work at jelly, mereka lalu melihat sebuah kantor milik Santoso Putra yang memiliki ruang yang tidak terpakai, ruangan yang sebelumnya dijadikan sebagai ruangan seminar atau workshop ini kemudian dijadikan hackerspace.

Selain aura kreatif serta suasana komunal yang diisi oleh anggota dengan keahlian masing-masing yang memungkinkan untuk tukar pendapat dan sharing pengalaman dan menambah relasi, HackerspaceSBY juga menyediakan beberapa fasilitas dasar seperti free Wi-Fi, listrik serta alamat kantor yang representative. Selain itu tersedia juga ruang lobby, ruang training dan ruang meeting.

Saat ini HackerspaceSBY sudah beroperasi dan bisa menampung sekitar 15 orang lebih, beberapa pekerja kreatif yang telah bekerja di kantor bersama ini antara lain PT Otak Kanan, PT Sigra Adhi Sejahtera, CV Close Up 9 Production House, CV Santosa Putra, Zulsdesign Studio, Pecel Ponorogo Bu Tari, Pusdiklat MasterNusa, Edunema - Interactive Learning, Mata Air Communications, dll. Sistem keanggotaan yang diterapkan juga hampir sama dengan HackerspaceBDG, yaitu sistem donasi. Disediakan tempat untuk free member dengan donasi sukarela, serta bagi member premium donasi RP 250.000 - 300.000 dengan berbagai fasilitas seperti fasilitas share project internal antar-member berupa tools project management yang sedang dipersiapkan.

Cukup menarik melihat komposisi para anggota yang terdiri dari usaha yang telah berbentuk PT dan CV serta diisi juga oleh para freelancer, dengan konsep berbagi - bekerja - bermain tentunya masing-masing anggota bisa saling sharing tentang pengalaman masing-masing, tidak lupa juga peluang kerja tentunya terbuka lebar, karena para anggota tentu memiliki pekerjaan atau project masing-masing yang sering kali membutuhkan tenaga kerja tambahan atau yang memang dibidangnya.

Untuk program yang akan dijalankan di HackerspaceSBY, dijelaskan oleh Bang Zul, HackerspaceSBY selain menjadi tempat diselenggarakannya workshop, mereka juga akan akan mengadakan berbagai workshop kecil-kecilan, seminggu 2 kali. Workshop ini tentunya terbuka bagi umum tidak hanya bagi anggota HackerspaceBSY saja.

Surabaya sendiri juga memiliki suWEc sebagai salah satu komunitas yang aktif menggelar acara yang bersinergi juga dengan HackerspaceSBY selain tentunya dengan komunitas lain. Model co-working space memang tidak baru, namun seiring dengan pertumbuhan tech startup dan berbagai layanan berbasis internet, termasuk juga semakin banyaknya para freelancer yang mengembangkan keahlian mereka di bidang yang berhubungan dengan internet (web), mendorong semakin bertumbuhnya ruang kerja bersama - hackerspace seperti di Surabaya ini.

Saya sendiri yakin, ruang kerja bersama atau hackerspace ini akan terus bertumbuh, tidak hanya di Jakarta, Jogja mungkin juga di Bali atau berbagai kota di luar pulau Jawa. Menyenangkan melihat komunitas berkembang untuk saling mendukung proses usaha, khususnya startup. Satu hal yang tentunya harus tetap di perhatikan adalah sustainabilitas, pertumbuhan komunitas yang cair acapkali juga memudahkan anggotanya untuk datang dan pergi, fokus pada usaha sebagai sebuah bisnis adalah salah satu cara agar kegiatan yang dijalankan tetap bisa berkesinambungan, karena ketika berbicara tentang bisnis, tentunya sustainabilitas usaha adalah faktor penting, namun tentunya pendekatan komunitas tetap bisa menjadi ciri utama, ada sinergi antara peran komunitas serta startup sebagai sebuah bisnis.

Bagi pembaca DailySocial yang berada di wilayah Surabaya dan tertarik untuk bergabung, berikut alamat lengkap HackerspaceSBY: Ruko Wisma Mukti, Jl. Arif Rahman Hakim 14 A Surabaya - Indonesia, Telp : (031) 59 36999 | Fax : (031) 593 0 369 | SMS : 081 3380 36999, atau bisa kontak lewat Twitter: @santosoputra, @hackerspaceSBY, @zulsdesign dan melihat berbagai informasi lain di situs HackerspaceSBY atau Facebook pageHackerspaceSBY.

Terima kasih untuk Imam Muttaqin telah membantu memperkenalkan saya ke HackerspaceSBY, foto diambil dengan ijin, dari Facebook page HackerspaceSBY.

[English version for this post]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again