1. Startup

Hacking Untuk Kemanusiaan

Seiiring dengan bencana alam yang barusan terjadi di negeri kita yang tercinta, apalagi dengan frekuensi yang kelihatannya makin sering beberapa tahun belakangan, kita mulai menyadari betapa pentingnya keberadaan suatu sistem infrastuktur yang bisa kita gunakan untuk membantu apa saja yang diperlukan di dalam keadaan darurat.  Baik itu dalam segi mendaftar korban bencana, mengurus penyaluran bantuan, mendukung para relawan yang di lapangan, dan masih banyak lagi hal-hal penting, yang kalau kita mau jujur, kita lebih sering kewalahan.

Sistem infratruktur diatas, sering dinamakan, dalam bahasa Inggris, Disaster Management.  Dan untuk inilah Australia-Indonesia Facility For Disaster Reduction (AIFDR) akan menjadi tuan rumah satu event yang dinamakan Random Hacks for Kindness (RHoK) #2.

Jadi Apa Itu RHoK?

RHoK yang awal mulanya dirintis oleh Google, Microsoft, Yahoo!, NASA dan Bank Dunia ini adalah acara 2 hari (biasanya di akhir pekan) dimana beberapa Software Engineer dan Developer dikumpulkan, bersama dengan ahli-ahli Manajemen Bencana untuk mengidentifikasi tantangan global yang berhubungan dengan topik Manajemen Bencana diatas.  Kemudian di dalam 2 hari itu kumpulan orang-orang ini akan mencoba memecahkan masalah tersebut dan secara praktis akan membangun solusi-nya.

Diakhir acara, setiap solusi yang diciptakan akan dipresentasikan didepan semuanya, dan ada kemungkinan yang paling menarik akan mendapatkan hadiah.

Kapan dan Dimana?

Hackathon ini akan dimulai dari hari Sabtu, tanggal 4 Desember jam 8 pagi, sampai hari Minggu, tanggal 5 Desember, jam 4 sore.

Tempatnya di: Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) Menara Thamrin Suite 1505 Jl. MH Thamrin Kav. 3 Jakarta 10250 Indonesia

Apa Yang Harus Anda Sediakan/Bawa?

AIFDR akan menyediakan semua fasilitas seperti makanan, minuman (mungkin juga tempat tidur).  Anda hanya perlu bawa komputer, ide dan semangat anda!

Masalahnya hanya satu .... tempat yang disediakan terbatas, tepatnya hanya 40.  Jadi siapa yang cepat itu yang dapat!

Kalau anda berminat untuk ikut berpartisipasi, silahkan mendaftar di sini.

Khusus untuk para Programmer dan Software Developer, saya rasa ini kesempatan yang langka dimana kita bisa berkumpul dengan teman-teman 'sejawat' untuk bersama-sama memberikan kontribusi yang nyata, untuk tanah-air kita.

Untuk itu saya mengajak anda yang bisa untuk ikut dalam acara ini.  Daftarkan diri anda lewat tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again