Categories

Berita

Halofina Rilis “Finaconsult”, Fitur Konsultasi Keuangan Online

Bangun fitur bersama ZAP Finance, biaya konsultasi mulai dari Rp250 ribu per sesi

Marsya Nabila - 18 August 2020

Startup digital financial planner Halofina merilis fitur konsultasi keuangan Finaconsult untuk permudah pengguna memilih dan terhubung dengan perencana keuangan tersertifikasi. Fitur ini dikembangkan bersama ZAP Finance, perusahaan konsultasi perencanaan keuangan.

Dalam konferensi pers yang digelar secara online kemarin (17/8), Co-Founder dan CEO Halofina Adjie Wicaksana menjelaskan kebutuhan untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan secara digital semakin penting, terlebih dalam kondisi pandemi yang masih berlangsung.

“Kami bangun platform untuk membantu para pengguna yang ingin mulai masuk ke perencanaan keuangan dan dapat dapat terhubung secara mudah, murah, dan cepat,” ujar Adjie.

Dijelaskan lebih jauh, pengguna dapat mengakses Finaconsult dengan memilih perencana keuangan profesional yang sudah tersertifikasi CFP (Certified Financial Planner) dari Financial Planning Standards Board (FPSB). Masing-masing perencana ini memiliki spesialisasi dan pengguna dapat memilih sendiri sesuai kebutuhan. Biaya yang dipatok dimulai dari Rp250 ribu per sesi.

Untuk proses konsultasinya, Finaconsult menawarkan tiga model layanan konsultasi keuangan, yaitu pengelolaan utang, pengelolaan uang, dan analisa kondisi keuangan. Output dari hasil konsultasi ini adalah suatu laporan, pengguna bisa memperoleh berbagai insight dari analisis terhadap kondisi finansialnya dan rekomendasi praktis untuk mengembangkan kondisi finansial tersebut, misalnya terkait investasi, yang dituliskan dalam laporan tersebut.

Bagi pengguna yang ingin menjalankan rekomendasi investasi dalam laporan analisis kondisi keuangannya, Halofina sudah terintegrasi dengan layanan pembelian produk reksa dana melalui Tanamduit selaku agen APERD dan layanan pembelian emas dari Indogold selaku partner. Keduanya sudah memiliki izin resmi dari otoritas terkait. Pun demikian Halofina yang terdaftar di OJK sebagai IKD.

Jaminan keamanan

Adjie menerangkan, setiap pengguna akan memilih modul dan diminta memasukan sejumlah data, dengan kerahasiaan terjaga, yang kemudian diolah oleh Finaconsult dalam tiga hari kerja untuk menghasilkan laporan yang dikirimkan ke pengguna.

“Kami menjamin kerahasiaan data pribadi pengguna semaksimal mungkin dengan tidak memberikan data pribadi apapun kepada konsultan dan partner. Data yang diberikan pengguna hanya digunakan untuk kebutuhan analisis kondisi keuangan dan pemberian rekomendasi terkait hasil analisis tersebut.”

Sejauh ini, para perencana keuangan yang bergabung ke Finaconsult sudah terkurasi oleh perusahaan dan ZAP Finance. Totalnya ada delapan orang. Mereka semua punya jam terbang dan spesialisasi masing-masing.

CEO dan Principal Consultant ZAP Finance Prita Ghozie menambahkan, daftar konsultan Finaconsult dapat dicek secara mandiri oleh pengguna dalam database FPSB. Ini adalah lembaga yang mensertifikasi profesi perencana keuangan secara global yang juga diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Yang kita enggak kerjakan, kita enggak terima uang dari klien untuk dikelola karena itu butuh lisensi sendiri yang dikerjakan oleh manajer investasi, kalau bicara rekomendasi saham jual atau beli itu ada di ranahnya penasihat investasi,” terangnya.

Dia melanjutkan, “Finplan punya ruang lingkup kerja yang lebih holistik bukan cuma soal investasi, tapi juga belajar soal arus kas, pinjaman, dan bagaimana mengarahkan instrumen yang ada untuk mencapai tujuan pengguna dan cara mitigasinya seperti apa kalau ada risiko”.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter