Categories

Berita

Situs Perbandingan Segala Jenis Produk Perbankan HaloMoney Hadir di Indonesia

Avi Tejo Bhaskoro - 28 February 2014

Situs perbandingan keuangan HaloMoney, Rabu (26/2) kemarin resmi meluncurkan layanannya di Indonesia. Situs yang didukung oleh inkubator Nova Founders tersebut fokus dalam menghadirkan layanan pembanding berbagai macam produk perbankan seperti personal loan, kartu kredit, asuransi, dan lain sebagainya.

Sebagai situs pembanding produk perbankan, HaloMoney tak sendirian di pasar Indonesia. Sebelumnya, situs pembanding seperti iMoney, dan KreditAja telah lebih dahulu hadir di Indonesia menghadirkan layanan pembanding kebutuhan finansial bagi seluruh pengguna, terkesan agak sedikit terlambat, namun HaloMoney menghadirkan layanan yang jauh lebih lengkap ketimbang dua situs saingannya tersebut.

Jika iMoney hanya fokus menghadirkan layanan pembanding layanan kredit usaha dan pinjaman dana, begitu pula dengan KreditAja yang juga menghadirkan fokus yang sama, di HaloMoney pengguna dapat membandingkan banyak produk perbankan lain yang jauh lebih lengkap.

HaloMoney membandingkan layanan dari hampir seluruh produk perbankan umum seperti kartu kredit, pinjaman dana pribadi, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, tabungan, hingga perbandingan jasa penyedia telekomunikasi seperti perbandingan layanan broadband turut pula dihadirkan melengkapi layanannya.

Penggunaannya tak sulit, pengguna cukup memilih produk perbankan mana yang ingin dibandingkan untuk nantinya HaloMoney secara otomatis akan menyediakan Comparison Tool yang dapat digunakan untuk membandingkan produk perbankan yang diinginkan. Sayangnya, Comparison Tool dari HaloMoney saat ini belum bisa digunakan karena sepertinya masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.

Sedikit informasi mengenai Nova Founders yang sempat disinggung di awal, menurut siaran pers yang kami terima, inkubator tersebut juga telah lebih dahulu meluncurkan situs yang serupa di berbagai negara kawasan Asia, yaitu CompareHero (Malaysia), MoneyHero (HongKong), MoneyMax (Filipina), Money101 (Taiwan), MoneyGuru (Thailand), dan yang terbaru yaitu HaloMoney yang berpusat di Indonesia. Ke depannya Nova Founders berencana akan merambah ke 18 negara lain.

Kembali melalui keterangan dalam siaran pers, HaloMoney melihat potensi besar yang berada di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi kelas menengah yang diprediksi akan meningkat secara pesat di tahun-tahun mendatang. Selain alasan tersebut, HaloMoney juga melihat masih rendahnya tingkat masyarakat yang menggunakan jasa perbankan untuk mengamankan tabungannya. Dikatakan, dari 240 juta penduduk Indonesia, hays 20 persen atau 48 juta orang yang memiliki tabungan perbankan. Landasan seperti itu lah yang membuat HaloMoney memutuskan untuk hadir di Indonesia.

"Oleh karena itu, HaloMoney hadir untuk mendorong financial literacy di tengah masyarakat Indonesia. Dengan membandingkan berbagai produk di pasar, tidak terkecuali kartu kredit, Internet provider, kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit tanpa anggunan (KTA), HaloMoney berharap bahwa pengunjung website akan semakin cermat dalam memilih produk yang dia butuhkan," ungkap Ichsan Wicaksono, co-founder sekaligus Managing Director HaloMoney, yang tertera dalam siaran pers.

Diklaim sebagai situs terlengkap dalam perbandingan produk finansial perbankan, tentu sah saja jika menganggap HaloMoney dapat menjadi pilihan terbaik bagi pengguna yang membutuhkan perbandingan produk perbankan agar sesuai dengan kebutuhannya. Namun, jika kehadiran HaloMoney dikatakan dapat membantu meningkatkan tingkat minat masyarakat akan penggunaan jasa perbankan, rasanya hal itu terlalu cepat disimpulkan dikarenakan tingkat minat masyarakat akan produk perbankan sangat berkaitan erat dengan banyak hal seperti iklim ekonomi, situasi pasar, tingkat daya beli konsumen, dan lain sebagainya.

Terlepas dari hal itu, apa yang ditawarkan oleh HaloMoney memang sudah sangat lengkap. Jika nantinya kondisi dan situasi masyarakat Indonesia sudah semakin “melek” ekonomi, maka layanan HaloMoney tentu dapat memiliki potensi yang sangat baik.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter