Categories

Gadget

[Hands-on] Dua Jam Menjajal Tablet Premium Samsung Galaxy Tab S7+

Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ juga telah tersedia di Indonesia untuk menjawab kebutuhan di masa new normal

Lukman Azis - 27 August 2020

Pesona tablet tidak se-hits dulu, namun perangkat ini telah berevolusi. Tidak hanya lebih powerful dan kaya akan fitur tetapi juga menawarkan pengalaman mendekati penggunaan laptop premium atau ultrabook dengan kelengkapan aksesori seperti keyboard dan stylus.

Ketika mencari tablet premium, pilihan utamanya ada dua yaitu antara Samsung Galaxy Tab S series dengan OS Android atau Apple iPad Pro dengan iPadOS. Jangan tanya mana yang lebih bagus, menurut saya keduanya juara.

Nah yang terbaru dari Samsung adalah Galaxy Tab S7 dan S7+ yang pertama kali diperkenalkan pada acara Galaxy Unpacked 2020 bersama Galaxy Note 20 series. Saat ini, Galaxy Tab S7 dan S7+ juga telah tersedia di Indonesia untuk menjawab kebutuhan di masa new normal. Buat mereka yang membutuhkan perangkat all-in-one untuk bekerja, belajar hingga mencari hiburan.

Kami sangat mengerti bahwa kondisi saat ini memang menuntut masyarakat untuk semakin produktif meski semua hal dilakukan secara daring. Karena itu kami hadirkan Galaxy Tab S7 dan S7+ sebagai teman yang powerful untuk mendukung produktivitas pengguna,” ujar Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia.

Hands-on Samsung Galaxy Tab S7+

Samsung-Galaxy-Tab-S7-5

Mengingat kondisi pandemi saat ini, peluncuran Galaxy Tab S7 dan S7+ di Indonesia digelar secara virtual. Namun saya tetap bisa menjajal secara langsung, karena saat acara berlangsung, saya dipinjamkan unit Galaxy S7+ selama dua jam untuk hands-on.

Ya, itu waktu yang singkat sekali dan impresi awal saya terhadap Galaxy Tab S7+ sangat baik. Saya dibuat takjub saat pertama kali menyentuhnya, bodinya ramping meski mengusung layar seluas 12,4 inci, tipis, dan build quality-nya mewah.

Perbedaan utama antara Galaxy Tab S7 dan S7+ terletak layarnya. Galaxy Tab S7 mengusung layar 11 inci dengan panel LTPS TFT beresolusi 2560×1600 piksel. Sementara, versi plus-nya berlayar Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800×1752 piksel. Keduanya penel tersebut memiliki refresh rate 120Hz dan menggunakan aspek rasio 16:10 yang memberikan ruang kerja lebih luas untuk multitasking.

Samsung-Galaxy-Tab-S7-6

Tablet ini menjalankan sistem operasi Android 10 dengan One UI 2.5, secara default antarmukanya seperti smartphone Samsung yang rasanya canggung di layar sebesar itu. Namun Samsung memiliki fitur Samsung Dex yang mengubah antarmukanya menjadi seperti menggunakan PC ataupun laptop.

Samsung Dex pada Galaxy Tab S7 dan S7+ mengalami peningkatan, di mana task bar hadir dengan tampilan yang lebih efisien dan user friendly berkat sistem One UI terbaru. Lengkap dengan fitur screen zoom dan opsi ukuran font. Bila ingin mempresentasikan sesuatu, cukup aktifkan fitur wireless DeX dan koneksikan dengan Smart TV Samsung, dan untuk berpindah slide bisa menggunakan S Pen.

Samsung-Galaxy-Tab-S7-4

Tentu saja S Pen merupakan bagian dari jati diri Galaxy Tab S7 series dan tidak perlu dibeli secara terpisah. S Pen kini hadir dengan kemampuan yang ditingkatkan dengan latency 9 ms dan ada dua cara untuk menyimpannya. Pertama di bagian belakang persis di bawah kamera dan S Pen akan mengisi daya, lalu kedua kita bisa menempelkan S Pen di sisi samping.

S Pen ini bisa digunakan untuk mencoret-coret di atas catatan, lalu bisa menyimpan catatan dalam format Word, Power Point, atau pun PDF. Pengiriman file ini pun sangat mudah karena adanya fitur Share Notebook, di mana cukup masuk ke fitur ini dan ketuk perangkat rekan kerja yang sudah terdaftar di list.

Pendaming setia S Pen yakni aplikasi Samsung Notes kini juga dilengkapi dengan Audio Bookmark yang merekam percakapan saat meeting sambil mencatat. Kita bisa memutar ulang hasil rekaman pun tanpa repot karena adanya fitur audio timestamp, cukup dengan mengetuk pada kalimat dan rekaman akan secara otomatis kembali ke menit di mana kalimat tersebut disampaikan.

Untuk kegiatan online meeting, Galaxy Tab S7 dan S7+ dilengkapi dengan kamera depan 8MP yang ditempatkan di tengah layar. Bila ketika meeting harus mencatat, hadirnya fitur Multi Active Window, memungkinkan untuk membuka aplikasi online meeting, sambil membuka email ataupun menggunakan Samsung Notes.

Samsung-Galaxy-Tab-S7-7

Semua kegiatan pada laptop ini lancar berkat dukungan chipset Snapdragon 865+, dengan pilihan memori 6GB/128GB untuk Galaxy Tab S7 dan 8GB/256GB untuk Tab S7+. Untuk mendukung produktivitas, Galaxy Tab S7 dan S7+ dilengkapi dengan baterai berkapasitas masing-masing 8.000 mAh dan 10.090 mAh.

Tertarik? Galaxy Tab S7 dan Tab S7+ hadir melalui program pre-order di Samsung.com, Lazada, Blibli, JD.id, dan Shopee. Selama masa pre-order hingga 30 Agusuts 2020 mendatang, Samsung Galaxy Tab S7 ditawarkan dengan harga Rp12.999.000 dengan dua pilihan warna yaitu Mystic Black dan Mystic Silver.

Sementara, Galaxy Tab S7+ ditawarkan dengan harga Rp16.999.000 dengan tiga pilihan warna yaitu Mystic Black, Mystic Silver, dan Mystic Bronze. Selama periode pre-order, pembeli akan mendapatkan gratis book cover keyboard masing masing senilai Rp2.299.000 untuk Tab S7 dan Rp2.699.000 untuk Tab S7+. Serta, mendapatkan akses gratis Youtube premium selama 4 bulan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter