Categories

Gadget

[Hands-on] OPPO A7, Baterai Lebih Awet dengan Desain Serupa F9

OPPO A7 punya desain notch waterdrop, dual camera, dan baterai sebesar 4.230 mAh

Lukman Azis - 27 November 2018

OPPO A7 akhirnya resmi dirilis di Indonesia, smartphone anyar ini dibanderol dengan harga Rp3.699.000. Buat yang belum tahu, fase pre-order dari OPPO A7 sendiri sudah dibuka sejak tanggal 22 November hingga 28 November dengan cashback sebesar Rp300.000. Lalu, seperti apa fitur dan spesifikasinya?

Desain Serupa OPPO F9

Di acara peluncurannya, saya berkesempatan untuk hands-on OPPO A7. Dari segi tampilan, OPPO A7 mengusung bahasa desain yang nyaris sama dengan smartphone kelas tengah premium OPPO F9. Tampak depan misalnya, OPPO A7 punya bentukan notch mungil yang disebut waterdrop screen. Selain itu, layoutsetup dual rear camera, posisi fingerprint sensor, dan atribut lainnya juga identik.

Perbedaan mencolok antara keduanya ialah pilihan warnanya. OPPO A7 hadir dalam dua warna baru, yaitu Glaze Blue yang justru seperti warna hijau tua dan Glazing Gold atau mudahnya kita sebut saja emas. Keduanya memiliki pola garis-garis yang menimbulkan efek bercahaya saat terkena pacaran sinar.

Berkat penggunaan material polycarbonate composite yang dikenakan, bagian back cover OPPO A7 tampil layaknya kaca. Kemudian bagian sudut-sudutnya yang agak melengkung seperti berlapis kaca 2.5D diperoleh dari tehnik pemanasan berulang yang disebut 3D Thermally Bent Sheet.

Overall, desain OPPO A7 cukup ergonomis di tangan dan tampil ‘fresh‘ dengan warna barunya. Meskipun mungkin bagi sebagian orang teknik pengecetan gradient spraying technology pada OPPO F9 lebih mewah.

Spesifikasi OPPO A7

Smartphone Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.2 ini mengusung layar 6,2 inci dalam rasio memanjang 19:9 dengan resolusi sebatas HD 720×1520 piksel saja. Layarnya telah diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang tertanam pada OPPO A7 memang tidak begitu istimewa, meskipun sebenarnya cukup powerful untuk kebutuhan standar ber-smartphone sehari-hari. Terlebih telah didukung RAM 4GB dan penyimpan internal 64 yang tergolong lapang.

Read more

Di sektor fotografi, OPPO A7 mengandalkan konfigurasi kamera ganda. Kamera utamanya 13-megapixel (f/2.2 + AF) dan kamera sekunder 2-megapixel (f/2.4). Sementara, kamera depannya lebih istimewa – resolusinya lebih tinggi dengan aperture lebih besar yakni 16-megapixel f/2.0.

Kapasitas baterai sebesar 4.230 mAh juga menjadi keunggulannya, berpadu dengan AI Batery Management, dan chipset Snapdragon 450 yang hemat daya di resolusi layar HD – OPPO A7 dijanjikan menyuguhkan daya tahan baterai yang lebih lama dan diyakini dapat digunakan hingga lebih dari 1 hari untuk pemakaian wajar.

Terlepas dari harganya yang mungkin bagi sebagian orang agak kemahalan, first impression saya terhadap OPPO A7 ini sebenarnya cukup baik – mengingat smartphone ini telah mengadopsi sejumlah elemen yang ada pada mid-range premium smartphoneOPPO F9. Jadi, tunggu review OPPO A7 di Dailysocial untuk mengetahui lebih detail apa yang ditawarkannya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter