1. Startup

Lebarkan Sayap Bisnisnya, Baidu Siap Luncurkan Hao123 dan PCFaster Di Indonesia

Perusahaan internet tersohor dari daratan China, Baidu baru-baru ini merilis portal Hao123 dalam versi Bahasa Indonesia. Sesuai  dilansir oleh  Techinasia, dikabarkan web portal yang menjadi andalan di negeri tirai bambu tersebut dapat dinikmati oleh pengguna Indonesia mulai saat ini sebagai bagian dari rencana Hao123 melebarkan sayapnya di Indonesia.

Seperti layanan Hao123 di negara lainnya (di luar China), Hao123 tidak menggunakan mesin pencari Baidu sebagai inti kekuatannya melainkan mengggunakan “bantuan” dari mesin pencari Google yang jauh lebih familiar untuk pasar Indonesia. Mengenai kabar ini, pihak Baidu sepertinya masih mengunci rapat-rapat informasinya mengenai peluncuran Hao123 dalam versi Indonesia ini secara diam-diam.

Mengenai keputusannya merilis layanan Hao123 dalam bahasa Indonesia, Hao123 sepertinya mampu melihat potensi pasar yang cukup menguntungkan dari Indonesia. Pasalnya, seperti halnya situs direktori lainnya, Hao123 “hidup” melalui penjualan iklan maupun link berbayar. Dengan jumlah pengguna Internet di Indonesia yang sangat banyak tentu hal tersebut dapat menguntungkan bagi Hao123 dalam memanfaatkan layanannya yang tentu saja gratis.

Selain Hao123, Baidu juga dikabarkan telah siap untuk merilis salah satu aplikasi buatannya yaitu PCFaster dalam versi bahasa Indonesia. PCFaster sendiri adalah perangkat lunak untuk PC desktop yang bertujuan untuk melindungi sekaligus mengoptimasi kinerja komputer agar bisa berjalan lebih cepat mengolah informasi. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris, Thailand dan Portugis, serta sudah diunduh lebih dari 7 juta kali.

Baidu sendiri di Indonesia mulai aktif salah satunya dengan membuka lowongan Country Manager via LinkedIn yang sekarang sudah ditutup, dengan asumsi bahwa Baidu telah menempatkan orang di posisi tersebut. Sejauh ini, Baidu dikabarkan sudah memiliki tim di Indonesia  yang terus menjalin kerjasama bisnis dengan beberapa entitas di Indonesia mewakili Baidu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again