Categories

Berita

Happy Testing Menangkan Kompetisi Startup Weekend Jakarta 2016

Setelah melewati proses penentuan ide, validasi ide, model bisnis dan pitching di hadapan juri, terpilih empat ide startup terbaik di Startup Weekend Jakarta 2016

Marsya Nabila - 6 September 2016

Happy Testing terpilih menjadi juara pertama dalam kompetisi Startup Weekend Jakarta 2016. Selain Happy Testing, juga terpilih tiga startup lainnya yaitu Artology (juara kedua), CS Hourly (juara ketiga), dan Echoducation (juara favorit).

Acara yang diinisiasikan KIBAR diadakan di Conclave, Jakarta Selatan pada tanggal 2-4 September 2016. Dihadiri oleh 60 peserta dan belasan mentor yang berasal dari praktisi dan pelaku ekosistem startup di Indonesia. Di antaranya, Alamanda Shantika (VP of Product Go-Jek), Ivan Chen (CEO Antarupa), Mario Nicolas (Product Manager Path), Pantu Truhandito (Client Solution Manager Facebook), Raditya Pramana (Investment Manager Venturra Capital), dan Thomas Diong (Chief Product & Data Officer Sale Stock).

Saat sesi mentoring, Alamanda menuturkan dalam membangun startup hal terpenting adalah memvalidasi ide, bagaimana ide bisa bekerja di lapangan. "Bagaimana respons masyarakat terhadap ide kita. Jika memang ada sambutan baik, saatnya tugas para founder untuk menciptakan aplikasi yang bisa menjalankan flow secara otomatis," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima DailySocial, Selasa (6/9).

Selama 54 jam, peserta Startup Weekend Jakarta menjalani berbagai pelatihan dan konsultasi dengan mentor seputar product development, validasi ide, business model, strategi marketing, hingga pengembangan prototipe produk.

Di hari pertama, peserta membentuk 12 untuk melakukan pitching final pada hari terakhir. Ide dan prototipe produk dipresentasikan di hadapan dewan juri, terdiri dari Budi Setyarso (Redaktur Pelaksana Tempo), Herbet Ang (President Director Acer Indonesia), Jaka Susanta (Senior Business Expert Telkomsel), Prami Rachmiadi (CMO Online, Emtek & KMK), dan Shinto Nugroho (Head of Public Policy and Government Relations Google).

Kompetisi ini adalah sebuah program selama akhir pekan di mana pengusaha dan calon pengusaha dapat mengetahui kelayakan ide startup mereka. Umumnya, setengah dari peserta sudah memiliki latar belakang teknis atau desain dan setengah lainnya berlatar belakang bisnis.

Pada hari Jumat, peserta mempresentasikan ide masing-masing dan membentuk tim. Esok harinya hingga Minggu, tim yang sudah terbentuk fokus pada pengembangan user, validasi ide, mempraktikkan metodologi LEAN Startup, dan membangun prototipe produk. Kemudian pada Minggu malam, semua tim mendemokan produk di hadapan para juri, sekaligus mendapatkan masukan dari mereka.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai para pemenang, berikut ringkasannya:

Happy Testing, merupakan platform yang menjembatani perusahaan dengan konsumen untuk menguji aplikasi dan mendapat feedback secara instan.

Artology, merupakan marketplace yang mempertemukan pelukis dan pembeli dengan mudah. Pembeli bisa mencari pelukis sesuai dengan kualifikasi dan kriteria.

CS Hourly, merupakan penyedia talent poll ke perusahaan yang membutuhkan tenaga costumer service pada jam-jam tertentu.

Echoducation, merupakan platform penghubung orang tua dan murid dengan institusi pendidikan formal dan informal, agar orang tua bisa menapatkan lembaga pendidikan yang tepat untuk buah hati.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter