1. Lifestyle

Harapan dari Windows 10 untuk Perangkat Internet of Things

Sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10, sudah diperkenalkan secara resmi beberapa waktu lau di Redmond. Dalam presentasinya, pemateri mengumumkan berbagai kapabilitas baru yang akan dimiliki sistem operasi Microsoft tersebut, yaitu Windows 10 akan mampu berjalan di atas platform ponsel pintar, tablet, dan komputer pada umumnya.

Di acara yang sama Microsoft juga memperkenalkan fasilitas baru berubah sistem konferensi dan juga kaca mata hologram. Namun pada acara Windows 10 tersebut, Microsoft sama sekali tidak menyinggung seputar visinya terhadap tren Internet of Things (IoT) dengan Windows versi teranyar ini. Semantara Microsoft kini juga tengah mengembangkan berbagai solusi untuk IoT, sama seperti vendor-vendor teknologi dunia lainnya.

Pada kesempatan terpisah, di acara TechEd Eropa, Windows 10 dikatakan juga disiapkan secara khusus untuk mendampingi implementasi IoT. Dalam slide yang ditampilkan pembicara dipaparkan bahwa akan terdapat beberapa varian platform Windows 10 dan .NET Micro Framework untuk perangkat IoT. Bagi pengembang perangkat mengharapkan bahwa Windows 10 yang akan digunakan untuk IoT nantinya diharapkan dapat dibangun pada core yang umum digunakan untuk perangkat yang saling terhubung (OneCore).

Dikatakan oleh Steve Teixeira, Windows IoT Team Director of Program Management bahwa .NET Micro Framework ditujukan untuk berbagai hal terkait dengan sub PE (Preinstallation Environment) class of device, seperti digunakan untuk mengembangkan solusi di peralatanwearables, mobil pintar, ruang konferensi dan sebagainya. Solusi yang dikembangkan tersebut ditujukan secara kusus untuk alat-alat yang tidak bisa menjalankan OS secara penuh, atau alat-alat yang cara bekerjanya menginduk/berinteraksi dengan perangkat lain, misalnya pada sistem alat rumah tangga yang dikelola menggunakan smartphone/tablet.

Microsoft sebenarnya sudah memiliki pengalaman pengembangan sistem operasi yang dijalankan pada perangkat non-komputer dengan Windows Embedded. Untuk interoperabilitas yang lebih luas, penting bagi Microsoft Windows untuk mulai memikirkan kapabilitas Windows di perangkat yang lebih kecil ala Arduino, Galileo, dan Rasberry Pi, sebagai langkah awal untuk membuka peluang di perangkat IoT. Windows 10 “Athens” mungkin bisa menjadi solusi baru untuk dapat menggantikan peran Windows Embedded yang saat ini pun sudah banyak digunakan pada pengembangan berbagai perangkat non-komputasi.

Windows 10 yang memiliki cakupan platform lebih luas dibandingkan dengan versi sebelumnya dapat menjadi harapan baru keseragaman sistem operasi pada sebuah solusi berbasis IoT. Keseragaman platform yang syarat dengan keamanan yang terjamin memungkinkan konektivitas dapat lebih mudah untuk diatur dan dikonfigurasi secara menyeluruh.

[Ilustrasi: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di Korpora.net dan ditulis oleh Randi Eka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again