Categories

Berita

Hari Terakhir Koprol

Aulia Masna - 28 August 2012

Kemarin, tanggal 27 Agustus adalah hari terakhir Koprol. Hari ini Yahoo! akan menutup layanan berbasis lokasi mereka yang dibeli bulan Mei 2010 sebagai bagian dari rencana mereka untuk memasuki pasar Indonesia dan mendirikan kantor di sini. Semua anggota tim yang sebelumnya mengerjakan Koprol telah meninggalkan Yahoo! setelah seluruh divisi teknis dan desain Yahoo Indonesia di-PHK bulan April, dan tim transisi yang tersisa akhirnya meninggalkan Yahoo! pada bulan Juni untuk kemudian membangun Ice House dan Barito Labs.

Seperti yang diumumkan pada bulan Juni, layanan Koprol ditutup dan para founder Koprol kini telah memiliki kembali nama dan hak kekayaan intelektual yang berkaitan dengan Koprol. Walaupun para pendiri Koprol bebas untuk menggunakan kembali nama Koprol selama tidak melanggar hukum, mereka belum memutuskan apa yang akan dibangun dengan nama Koprol, hanya saja mereka ingin tetap membawa semangat yang ada di layanan ini dengan apapun yang akan mereka kembangkan nanti.

Tanggl 27 kemarin adalah batas para pengguna untuk mengekspor data yang mereka miliki di layanan Koprol, setelah itu semua data akan dihapus. Para anggota yang telah meminta untuk mengekspor data Koprol mereka mendapat email yang disertail tautan untuk mengunduh sebuah file .zip yang berisi semua aktivitas mereka, yang dapat dibuka sebagai halaman web dalam format Koprol mobile.

Hari ini Koprol mengakhiri perjalanan tiga tahun mereka. Pesan terakhir Koprol sendiri berbunyi: "Terima kasih, Yahoo! Terima kasih Koprollers. Sampai ketemu di kesempatan lain. Kabar selanjutnya di http://twitter.com/koprol"

Sementara para pendirinya mengatakan bahwa mereka berencana untuk merilis Koprol yang baru, belum ada pentunjuk seperti apa produk atau layanan ini nantinya. Co-founder Koprol dan CEO dari Ice House Fajar Budiprasetyo mengatakan pada DailySocial bahwa mereka berharap pengguna lama Koprol akan menyambut baik versi baru Koprol. Satu hal yang pasti, mereka tidak tertarik untuk merilis apa yang seharusnya menjadi Koprol 2.0.

Apapun itu, kita tunggu apa yang akan dikembangkan oleh tim di Ice House dan Barito Labs. Koprol telah mati. Selamat datang New Koprol.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter